Banjir, Jembatan di Desa Kananta Soromandi Putus

Kabupaten Bima, Kahaba.- Hujan deras yang mengguyur wilayah Bima dan sekitarnya, Kamis (15/2) menyebabkan jembatan di Desa Kananta Kecamatan Soromandi putus. Tidak hanya itu, puluhan hektar lahan pertanian padi dan jagung hancur diterjang banjir.

Jembatan di Desa Kananta putus karena banjir. Foto: Istimewa

Petugas PPL pada Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bima wilayah Kecamatan Soromandi, Khairullah membenarkan adanya kejadian tersebut. Hujan deras yang cukup lama merusak jembatan Desa Kananta, puluhan hektar lahan pertanian hancur karena banjir. Juga banyak ternak seperti kerbau dan sapi yang ikut terseret banjir.

“Mengenai jumlah kerusakan secara umum belum diketahui pasti,” katanya.

Khairullah mengakui, kendati banjir tersebut tak menelan korban jiwa. Namun bencana tersebut juga merusak pemukiman warga, yakni di dusun Tuntu dan dusun Talehe Desa Kananta.

Soal jembatan putus sambungnya, berimbas pada terhambatnya akses warga ke Desa Sai dan Desa Sampungu Kecamatan Soromandi. Warga yang menggunakan kendaraan jelas terhambat. Sementara untuk akses alternatif, warga menggunakan jembatan gantung.

“Jembatan gantung hanya bisa dilewati dengan jalan kaki dan sepeda motor. Untuk mobil jelas tidak bisa,” ungkapnya.

Akibat bencana tersebut, warga berharap agar petuga BPBD Kabupaten Bima segera turun ke lapangan untuk melakukan pendataan. Selain itu, Pemerintah juga diharapkan segera membangun jalur alternatif agar akses kendaraan menuju Desa Sai dan Desa Sampungu bisa dilalui warga.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *