PKM Dompu Kota Sudah Layani 300 Lebih Pasien Akibat Banjir

Kabupaten Dompu, Kahaba.- Puskesmas Wilayah Dompu Kota sudah menangani ratusan warga yang terganggu kesehatannya akibat banjir yang menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Dompu, Senin kemarin. (Baca. Banjir Bandang Terjang Dompu, Ratusan Rumah Terdampak)

Penanganan pasca banjir di Kabupaten Dompu. Foto: Bin

Kepala Puskesmas wilayah Dompu Kota Dewi Laila mengakui, saat banjir mulai menerjang pemukiman warga pihaknya langsung menyasar dibeberapa titik lokasi banjir. Kemudian melakukan koordinasi dengan dinas terkait seperti Dinas Sosial Kabupaten Dompu.

“Kebetulan lokasi banjir ini merupakan wilayah kerja Puskesmas Dompu Kota. Jadi saat banjir, kita langsung memantau lokasi, untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh masyarakat,” ujarnya, Selasa (6/3).

Setelah itu kata dia, tim gerak cepat puskesmas bangun tenda dan memberikan pelayanan kesehatan. Yang sudah diatasi pelayanan kesehatannya pun tidak sedikit. Jika dihitung semua dari 5 posko pelayanan kesehatan, lebih dari 300 warga yang sudah diberikan pelayanan kesehatan.

Kepala Puskesmas wilayah Dompu Kota Dewi Laila. Foto: Bin

“Rata-rata yang sudah ditangani seperti sesak napas untuk yang dewasa, orang tua hipertensi, gatal – gatal, luka kaki dan diare,” sebutnya.

Untuk memberikan pelayanan maksimal, pihaknya juga menggunakan ambulance untuk jemput antar dari rumah warga ke posko dan puskesmas. Pihaknya juga membantu distribusi nasi bungkus, mie instan dan air mineral dan tetap memberi asupan bagi warga yang membutuhkan.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dan belum ada yang menderita sakit parah,” tuturnya.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *