Kabar Bima

300 Siswa Ikut Seleksi Calon Paskibra

220
×

300 Siswa Ikut Seleksi Calon Paskibra

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Sebanyak 300 siswa tingkat SMA sederajat se-Kota Bima mengikuti seleksi calon anggota Paskibraka. Kegiatan seleksi yang digelar sejak pagi hingga sore hari tersebut, diselenggarakan Dinas Pariwisata (Dispar) di Lapangan Tenis Raba, Kamis (8/3).

300 Siswa Ikut Seleksi Calon Paskibra - Kabar Harian Bima
Siswi dan siswi saat mengikuti seleksi anggota Paskibra. Foto: Eric

“Kegiatan seleksi ini hanya sehari saja. Melibatkan seluruh sekolah di tingkat menengah atas sederajat lingkup Pemerintah Kota Bima,” ujar Kasi pembinaan dan kepemudaan bidang pemuda dan olahraga, Wendi Mainormanjah.

300 Siswa Ikut Seleksi Calon Paskibra - Kabar Harian Bima

Kata dia, seleksi dilakukan untuk menjaring calon anggota paskibra tingkat Provinsi NTB serta anggota paskibraka nasional untuk mengikuti HUT RI pada 17 Agustus mendatang. Dari 300 peserta hanya akan dipilih 77 siswa terbaikuntuk mengikuti tahapan selanjutnya.

“Dari 77 siswa yang dipilih, diantaranya 20 siswa putri dan 20 siswa putra akan mengikuti seleksi tingkat provinsi. Sedangkan 33 peserta lainnya akan menjadi anggota Paskibra Kota Bima,” katanya.

Wendy menjelaskan, dari segi penilaian pihak Dispar melibatkan TNI dan Polri. Prosesnya pun dilakukan secara ketat, agar anggota paskibra merupakan siswa-siswi yang kuat secara mental dan psikologis.

“Aspek penilaian diantaranya tinggi badan, berat badan, kedisiplinan, pengusaan baris berbaris hingga mental dan psikologis,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kota Bima H Sukri berpesan agar peserta dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya, agar bisa lolos seleksi dan bergabung menjadi anggota Paskibraka.

“Kepada siswa agar tetap semangat, karena seleksi berlangsung ketat. Tim yang menyeleksi juga semoga bisa bekerja profesional,” harapnya.

*Kahaba-04