Lutfi-Feri: 10 Ribu Pemuda Akan Dididik Jadi Wirausaha 

Kota Bima, Kahaba.- Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Bima HM Lutfi – Feri Sofiyan menaruh perhatian besar untuk generasi muda. Jika nanti terpilih, mereka menginginkan sebanyak 10 ribu pemuda dan pemudi didorong untuk menjadi wirausaha muda. Baik itu diberikan pendidikan khusus dan bantuan modal.

HM Lutfi saat menyampaikan sambutan pada pertemuan terbatas di Kelurahan Penaraga. Foto: Bin

Keinginan itu disampaikan pasangan nomor urut 2 saat menggelar silahturahim dan pertemuan terbatas di Kelurahan Penaraga Senin malam (19/3). Karena bagi mereka, pemuda harus menjadi bagian lokomotif penggerak roda perekonomian di daerah. Bagian – bagian usaha produktif, harus dipegang oleh pemuda.

“Pemuda dan pemudi merupakan aset, mereka harus diperhatikan dengan serius. Bentuk perhatian serius kami jika nanti terpilih menjadi Walikota dan Wakil Walikota Bima, sebanyak 10 ribu pemuda dan pemudi akan dididik untuk menjadi wirusaha,” ingin Lutfi, dihadapan massa pendukungnya.

Menurut dia, banyak potensi yang saat ini belum dilirik dan digerakan oleh pemerintah. Padahal sejumlah sektor perekonomian yang produktif bisa saja diurus oleh generasi muda. Hanya saja, belum disentuh dengan maksimal.

Untuk itu, 10 ribu pemuda dan pemudi nanti akan disiapkan untuk menerima pendidikan dan pelatihan untuk mengembangkan kemampuan dalam berwirausaha. Setelah itu, pihaknya juga akan membantu permodalan dan terus mendampingi. Agar roda usaha bisa berjalan dengan baik.

Kata Lutfi, gagasan dan idenya itu bukan sesuatu yang tidak masuk akal. Sebab, sejumlah daerah lain sudah pernah mecoba dan mendorongnya. Sektor UMKM pun bisa berkembang dengan signifikan dan angka pengangguran dari generasi muda pun bisa ditekan dengan maksimal.

“Keinginan kami ini nanti akan diperdebatkan dengan pasangan lain saat debat calon. Kami akan presentasikan, bahwa ini masuk akal,” katanya.

Sambung pria yang 2 periode menjadi anggota DPR RI itu, keinginannya itu bisa diwujudkan karena dirinya juga mengetahui posisi anggaran bantuan sosial yang mencapai ratusan triliun di pemerintah pusat. Ia pun tahu cara untuk mendapatkan dan mendatangkannya untuk kepentingan di daerah.

“Saya kira itu tidak terlalu sulit. Hanya saja, pemerintah mau melakukannya atau tidak. Makanya, saya dan pak Feri akan berusaha maksimal untuk merealisasikan keinginan ini,” janjinya.

Selain itu, ia berkeinginan untuk bisa mendorong BUMD. Sebab, hingga saat ini daerah Kota Bima tidak memiliki BUMD. Padahal banyak memotret potensi daerah yang perlu disentuh dan diurus oleh BUMD. Sehingga keberadaannya nanti juga bisa menyerap tenaga kerja.

Pengukuhan tim Kelurahan Penaraga. Foto: Bin

Pada kesempatan itu, Lutfi juga menjelaskan sejumlah program lain yang tercantum dalam 8 program prioritasnya. Yang ingin didorongnya juga seperti masalah kesehatan, dengan memberikan pelayanan kesehatan yang representatif dan berkualitas. Diantaranya, soal ambulance yang ditempatkan ditiap kelurahan. Kemudian yang terpenting yakni membangun rumah sakit untuk warga Kota Bima.

“Demikian juga dengan masalah pendidikan. Ini akan menjadi perhatian serius kami. Banyak mimpi-mimpi kami yang ingin kami wujudkan, termasuk membantu kuliah anak – anak yang tidak mampu dan memberikan beasiswa bagi mereka yang berprestasi,” inginnya.

Selain itu, sebagai bentuk perhatiannya terhadap akar budaya daerah. Ia menginginkan agar aksara Bima yang selama ini belum dikenal luas akan dibuat untuk lebih akrab dengan kehidupan sehari – hari warga Kota Bima. Bentuknya, dibeberapa tempat akan ditulis nama jalan dengan aksara Bima berikut dengan artinya.

Setelah panjang lebar memaparkan sejumlah program prioritas, Lutfi berharap warga Kelurahan Penaraga bisa bersatu dan bahu membahu mendorong keinginan perubahan yang lebih baik untuk Kota Bima. Karena, program tersebut tidak bisa dijalankan jika tidak didukung oleh semua warga Kota Bima.

Sebelumnya, pasangan yang diusung 9 partai politik tersebut disambut pawai obor oleh warga Kelurahan Penaraga. Sebelum memulai acara, Lutfi – Feri menyempatkan untuk mendatangi salah satu rumah warga yang tertimpa musibah.

Pada pertemuan itu juga dikukuhkan sebanyak 600 orang tim pemenangan pasangan Lutfi – Feri yang terdiri dari Tim Koalisi, Sahabat Lutfi, Srikandi dan Pemuda Lutfi. Pengukuhan diwakili masing – masing ketua, sekretaris dan bendahara.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *