Kemenag Monev Pelaksanaan USBN PAI Se-Kota Bima

Kota Bima, Kahaba.- Jajaran Kemenag Kota Bima bersama Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Pendidikan Agama Islam (PAI) serta perwakilan Kanwil Kemenag NTB melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tingkat SMA dan SMK se-Kota Bima.

Foto bersama jajaran Kemenag Kota Bima usai Monev USBN PAI. Foto: Eric

“Alhamdulillah selama pantauan kami di lapangan, USBN khusus mata pelajaran PAI berjalan dengan lancar dan tertib,” ujar Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis) Kemenag Kota Bima H Nurdin, Kamis (22/3).

Nurdin mengungkapkan, dalam pelaksanaan monev, pihaknya membagi beberapa tim untuk memantau di 5 Kecamatan. Tujuannya agar situasi dan kondisi pelaksanaan ujian dapat diketahui.

“Berdasarkan hasil monev, ada 5 sekolah yang dikunjungi diantaranya SMKN 1, SMKN 3, SMAN 3, SMAN 4 dan SMAN 5 Kota Bima,” sebutnya.

Ia mengungkapkan, monev USBN PAI bertujuan untuk mengukur capaian kompetensi pelajar yang dilakukan sekolah, untuk mata pelajaran pendidikan agama islam dengan mengacu pada standar kompetensi lulusan. Agar dapat memperoleh pengakuan prestasi belajar.

“Melalui USBN PAI ini, siswa dapat mengembangkan kompetensi ilmu yang di miliki. Serta dapat memahami dan menghayati ilmuu dengan baik dan benar, serta menanamkan nilai luhur ajaran islam,” tandasnya.

Nurdin menambahkan, dengan pelaksanaan monev secara rutin setiap tahun dilaksanakan oleh jajaran Kemenag. Maka diharapkan mutu pendidikan agama Islam terus mengalami peningkatan di setiap sekolah, hingga dapat memenuhi standar nasional.

Sementara itu Kepala SMAN 4 Kota Bima Siti Maryatun mengungkapkan rasa terimakasih atas kunjungan jajaran Kemenag memantau langsung pelaksanaan USBN khusus mata pelajaran PAI.

“Selama pelaksanaan USBN berjalan dengan lancar dan tertib. Untuk mata PAI kami optimis bisa terus meningkatkan standar nilai dan akan terus meningkat setiap tahun,” katanya yakin.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

1 komentar

  1. Landa Ishaka

    Assalamualaikum…
    Alhamdulillah tahun ujian 2018 ini Kemenag Kota Bima (Pokjawas dan Kasi Pakis) menyempatkan diri MONEV USBN PAI di SMA/SMK Kota Bima.
    Kami berharap MONEV nya tdk hanya pd saat ujian saja. Hal ini penting karena PAI di sma/smk jangan sampai diremehkan oleh para siswa.
    Terimakasih… Salam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *