Awali Karir Dari Staf TU SMEA, Muhtar Landa Menjabat Pimpinan Tinggi Pratama

Kota Bima, Kahaba.- Mengawali karir dari seorang staf Tata Usaha (TU) SMEA Bima (Sekarang SMKN 1 Kota Bima), Muhtar Landa kini dipercaya untuk menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bima, jabatan pimpinan tinggi pratama.

Sekda Kota Bima Muhtar Landa. Foto: Bin

Mengemban amanat itu, tentu menjadi tanggungjawab besar. Apalagi, jabatan sekda adalah unsur pembantu pimpinan pemerintah daerah yang membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan dan mengkoordinasikan SKPD dan lembaga teknis daerah. Pelaksanaan tugas dan kewajibannya, bertanggung jawab kepada kepala daerah

Namun Muhtar merasa sangat yakin, amanat yang diberikan padanya tersebut akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggungjawab. Dirinya juga berharap bantuan dari semua pihak, agar pada jabatan baru ini bisa bekerja maksimal membantu kepala daerah.

“Terima kasih kepada Walikota Bima HM Qurais H Abidin atas kepercayaannya. Saya akan melaksanakan tugas sebagai sekda dengan sebaik – baiknya,” ujar Muhtar kepada sejumlah awak media usai pelantikan, Selasa (10/4).

Muhtar mengakui, ia tidak terpikir akan mencapai puncak tertinggi karir seorang ASN. Sebab, dirinya dulu hanya memulai karir dari seorang staf TU SMEA Bima pada tahun 1990. Namun berkat keuletan dan kerja keras. Jabatan tersebut bisa diduduki pada usai yang realitif muda.

“Usia saya saat ini sudah 49 tahun. Usia yang cukup muda untuk menjadi sekda. Tapi hendak berkata apa, kepercayaan ini sudah disimpan diatas pundak saya,” tuturnya.

Kata pria yang lahir tanggal 31 Mei 1969 itu, setelah dari SMEA, dirinya kemudian tahun 1994 ditugaskan untuk menjadi staf TU di SMIK (Sekarang SMKN 3). Lalu pada tahun 1996 hingga 1998, dipercaya menjadi Kepala TU SMIK.

Pada tahun 1998 sampai 2002, ia pun digeser kembali untuk mengabdi ke sekolah awal karirnya yakni SMEA. Lantas pada bulan Januari tahun 2003 hingga tahun 2010, Muhtar memulai masuk birokrasi dari staf BKD sampai menjadi pelaksana tugas Kepala BKD Kota Bima.

Karir dirinya pun seketika melejit. Sejumlah jabatan kepala dinas kemudian dipercayakan kepadanya. Mulai dari Kepada Dinas Sosial Kota Bima, kemudian kembali menjadi Kepala BKD, Kepala Keuangan Pemerintah Kota Bima, lalu ditunjuk menjadi pelaksana tugas Sekda Kota Bima.

“Setelah Plt Sekda saya dipercaya untuk menjadi Asisten 3. Baru kemudian mengikuti tes seleksi Sekda pada tahap kedua dan Alhamudlillah menjadi Sekda Kota Bima,” ucapnya.

Dengan jabatan yang baru ini, Muhtar akan bekerja sesuai tupoksi untuk membantu tugas – tugas kepala daerah. Kemudian yang terpenting, bisa bekerja mempertahankan status keuangan pemerintah yang Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI.

“Saya minta doa dan dukungan dari semua pihak,” ujarnya.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *