Bupati Serahkan Bantuan Untuk 45 KUBE

Kabupaten Bima, Kahaba.- Acara  Peluncuran perdana Program Keluarga Harapan (PKH) yang dihelat Rabu (10/10/2012) di Halaman kantor Camat  Parado kemarin, selain menghadirkan RTSM pemerima dana PKH se kecamatan Parado, juga dimanfaatkan Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain, ST untuk menyerahkan dana Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnaen, ST saat menyerahkan bantuan program PKH. Foto: Bagian Humas Pemkab Bima

Dihadapan para kepala UPT Dinas, Muspika kecamatan Parado dan Tokoh masyarakat se Kecamatan Parado, pelaksana harian (Plh) Kadis Sosial, Tajuddin, SH, M.Si memaparkan, penyerahan bantuan modal usaha ekonomi produktif (UEP) bagi penumbuhan yang bersumber dari Dana Dekonsentrasi Program Penanggulangan Kemiskinan Perdesaan (P2KP) melalui mekanisme bantuan langsung pemberdayaan (BLPS) tahun 2012.

Tahun ini, KUBE yang menerima kucuran dana sebanyak 45 Kelompok, masing-masing mendapat Rp 20 juta per kelompok dengan total dana senilai Rp 900 juta yang dikirimkan langsung ke rekening kelompok penerima.  Ke 45 KUBE ini menyebar pada tiga kecamatan yaitu 15 kelompok di kecamatan Sanggar, 15 kelompok di kecamatan Bolo dan 15 kelompok di kecamatan Parado. Setiap KUBE beranggotakan 10 KK, sehingga jumlah KK penerima bantuan adalah 450 KK miskin.

Selain itu, terdapat juga bantuan modal UEP pengembangan bagi 25 KUBE dengan 250 KK anggota di kecamatan Wera dan Ambalawi.

Penyerahan dana dilakukan secara simbolis kepada dua Kelompok Usaha di Kecamatan Sanggar. Bantuan diserahkan kepada Najamudin, Ketua Kelompok Ingin maju Desa Sandue dan Ismail M. Ali ketua kelompok Usaha Bersama desa Sandue, kecamatan Sanggar.

Sedangkan KUBE di kecamatan Parado diserahkan secara simbolis kepada  A. Malik Ahmad, Ketua KUBE Bangun Usaha Desa Parado Wane dan Ibrahim A. Latif ketua kelompok Sama Ngawa kecamatan Parado. Sedangkan Kecamatan lain yang menerima bantuan ini adalah Bolo yang dananya diserahkan secara simbolis kepada Nurdin Yasin Ketua Kemompok Usaha Matahari desa Rasabou dan Syamsudin ketua Kelompok Usaha Kamboja desa Sondosia.

Dalam dialog dengan kelompok penerima KUBE. Bupati mengharapkan keseriusan penerima bantuan dalam memanfaatkan dana yang disalurkan kepada kelompok. “Manfaatkan dengan baik dana yang diterima agar dapat memenuhi kebutuhan hidup keluarga,” ujar Bupati.

Pada kesempatan tersebut Bupati didampingi  Kepala PT. Pos Cabang Bima Sulaiman Amir, pelaksana harian (plh) Kadis Sosial Tajudin, SH, M.Si, dan Camat Parado Ibrahin, SH, MM. [BQ*]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *