Kabar Bima

Dikbud Pantau USBN Tingkat SMP

242
×

Dikbud Pantau USBN Tingkat SMP

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bima terus memantau langsung pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat SMP sederajat yang sudah digelar sejak Senin kemarin.

Dikbud Pantau USBN Tingkat SMP - Kabar Harian Bima
Sekretaris Dinas Dikbud saat memantau USBN tingkat Kota Bima. Foto: Eric

Sekretaris Dinas Dikbud Kota Bima H Muhammad Yamin menyampaikan, berdasarkan jadwal USBN dilaksanakan selama 5 hari yakni mulai Senin hingga Jumat (16-20/4). Memasuki hari kedua, pelaksanaan USBN semuanya berjalan lancar.

Dikbud Pantau USBN Tingkat SMP - Kabar Harian Bima

“Baik sekolah yang melaksanakan dengan menggunakan komputer, maupun yang masih menggunakan sistem manual. Semuanya lancar,” ujarnya, Selasa (17/4).

Selain memantau pelaksanaan USBN, pihaknya juga sekaligus mengecek kelengkapan fasilitas untuk persiapan menjelang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bagi sekolah yang melaksanakannya. Artinya pihak dinas ingin memastikan, pada saat ujian yang akan digelar sejak Senin hingga Kamis (23-26/4) pekan depan dapat berjalan lancar dan tertib.

“Kami ingin pelaksanaan ujian nasional kedepan tidak mengalami gangguan dan hambatan, dan siswa lulus 100 persen,” inginnya.

Yamin menuturkan, pada prinsipnya pelaksanaan USBN maupun UNBK mempunyai tujuan yang sama. Yaitu mengukur capaian standar kompetensi lulusan peserta didik, kemudian hasilnya akan digunakan sebagai bahan evaluasi pemetaan mutu pendidikan.

Sebab, dengan bagusnya kualitas mutu pendidikan di suatu daerah, maka perhatian pemerintah untuk memberikan bantuan peningkatan sarana dan prasarana akan diprioritaskan.

“Ujian Nasional penting dilaksanakan, karena hasilnya menjadi tolak ukur kualitas mutu satuan pendidikan,” tandasnya.

*Kahaba-04