Kabar Bima

Ingatkan Bahaya Narkoba, FKUB Gagas Program Road To School

229
×

Ingatkan Bahaya Narkoba, FKUB Gagas Program Road To School

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bima menggagas program edukasi bertajuk FKUB road to school. Program ini menggandeng Kodim 1608 Bima, Polres Bima Kota, Pemerintah Kota Bima dan OSIS SMA dan SMK se-Kota Bima. Bertujuan untuk mengingatkan para pelajar dari bahaya narkoba dan seks bebas.

Ingatkan Bahaya Narkoba, FKUB Gagas Program Road To School - Kabar Harian Bima
FKUB Road to School di SMAN 1. Foto: Ady

Kegiatan hari pertama diawali, Rabu (18/4) pagi di SMAN 1 Kota Bima dan SMAN 2 Kota Bima. Tim FKUB dibagi dua untuk mengisi sosialisasi pada dua sekolah favorit ini secara bersamaan. Kegiatan rencananya akan dilaksanakan pada semua SMA se-Kota Bima secara bergiliran setiap hari sesuai jadwal yang ditentukan.

Ingatkan Bahaya Narkoba, FKUB Gagas Program Road To School - Kabar Harian Bima

Di SMAN 1 Kota Bima, sosialisasi diisi Kasat Binmas Polres Bima Kota AKP M Yamin tentang bahaya narkoba dan seks bebas serta Penulis Buku FKUB Kota Bima Sudirman H Makka tentang penguatan pendidikan karakter pada pelajar. Sementara di SMAN 2 Kota Bima diisi Ketua FKUB Kota Bima H Eka Iskandar, Wakapolres Bima Kota Kompol Yusuf Tauzirin dan Perwakilan Kodim 1608 Mayor Haris.

Kasat Binmas Polres Bima Kota AKP M Yamin di SMAN 1 Kota Bima mengawali sosialisasi dengan pemutaran video singkat yang menggambarkan bahaya narkoba dan seks bebas. Dalam video itu pula, remaja dan generasi muda menjadi korban keganasan narkoba.

Yamin mengingatkan kepada para pelajar agar jangan sekali-sekali mendekati narkoba. Pelajar harus hati-hati memilih pergaulan, karena pintu awal pengaruh narkoba bermula dari salah memilih teman.

“Bila ada teman kita yang terindikasi narkoba, ingatkan dia dan jangan dekati. Penjual narkoba itu pelan-pelan, bahkan pura-pura baik. Kalau sudah berteman dengan penjual dan pengguna narkoba nanti akan dimanfaatkan,” ingatnya.

Narkoba kata dia, tidak mengenal usia. Hal itu terbukti ada anak yang baru berusia 10 tahun sudah terjerat narkoba. Selain narkoba, obat tramadol juga patut diwaspadai pelajar bahayanya hampir sama dengan narkoba. Apalagi harganya murah dan terjangkau.

“Intinya yang terpenting pesan saya pada anak-anak saya jagalah pergaulan. Karena anak-anak saya sekarang ini akan menjadi calon pemimpin bangsa ke depannya,” ujar dia.

Sementara Ustad Sudirman H Makka mengatakan, penguatan karakter melalui akhlak dan moral merupakan hal penting bagi para pelajar untuk membentengi diri dari pengaruh narkoba dan seks bebas.

Setiap manusia jelasnya, dibekali punya potensi lahir dan potensi batin. Manusia punya hati untuk berkehendak dan dibekali akal untuk berpikir. Kalau keduanya tidak bisa dikelola dengan baik, maka akan terjerumus ke hal-hal menyimpang.

“Dengan pengelolaan potensi yang baik, kita akan melahirkan karya. Jadilah generasi yang punya harapan dan ikhtiar,” pesannya.

Sebelumnya, Ketua FKUB Kota Bima H Eka Iskandar menjelaskan, program FKUB Road to School telah dirancang bersama melalui rapat pada 12 April 2018 lalu. Rapat melibatkan Dandim 1608 Bima, Wakapolres Bima Kota, Badan Kesbangpol Kota Bima, Dinas Dikpora Kota Bima dan Kemenag Kota Bima.

*Kahaba-03