Saat Wisuda, SMKN 3 Tampilkan Hasil Produk Karya Siswa  

Kota Bima, Kahaba.- SMK Negeri 3 Kota Bima mewisuda 219 siswa-siswi kelas XII, di halaman sekolah setempat, Sabtu (21/4). Kegiatan yang penuh keakraban dan silaturahim itu dihadiri jajaran Dikmen PK-PLK NTB, unsur kepolisian, serta jajaran guru dan walimurid.

Karya siswa SMKN 3 Kota Bima yang dipamerkan saat acara wisuda. Foto: Eric

Pelaksanaan wisuda tersebut juga diisi berbagai pentas seni, budaya dan tarian. Yang unik, juga ditampilkan produk unggulan hasil karya siswa pada masing-masing jurusan.

“Wisuda yang yang kami gelar bukan hanya bersifat seremonial saja. Yang paling penting adalah, menampilkan berbagai hasil kerajinan siswa. Agar wali murid serta masyarakat umum tahu, bahwa alumni kami dipersiapkan untuk bekerja secara mandiri dan masuk di dunia kerja,” ujar Kepala SMKN 3 Kota Bima Jainuddin.

Hasil karya siswa yang ditampilkan, kata mantan Wakasek Kesiswaan tersebut, berasal dari 5 jurusan. Yaitu Tata Boga, Kriya Kayu, Tekstil, Multimedia, Busana dan Kecantikan. Sementara hasil karya yang dihasilkan para pelajar tersebut diantaranya batik, busana, hasil olahan barang bekas, makanan ringan dan snack hingga hasil riasan (make up).

Jain – sapaan akrabnya – mengatakan, dari hasil karya siswa tersebut, tentu menjadi hal yang positif dan membanggakan bagi sekolah. Karena siswa mampu menyerap semua materi ilmu dan praktik selama 3 tahun mengikuti jenjang pendidikan.

“SMKN 3 identik dengan Sekolah Karawi (Sekolah Kerja). Maka kepada orang tua murid dan masyarakat untuk tidak ragu untuk menitipkan putra dan putrinya di SMKN 3. Karena saat mereka tamat nanti, siswa sudah diajarkan untuk mandiri, dan siap dalam dunia kerja,” bebernya.

Kepala SMKN 3 Kota Bima Jainuddin bersama wisudawati. Foto: Eric

Jain berharap, melalui kerja keras selama belajar dan menimba ilmu di sekolah setempat dan telah menampakkan beberapa hasil karya yang baik dan bagus. Dirinya berpesan agar siswa yang telah tamat dapat meneruskan jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan meraih semua cita-cita.

“Kepada para alumni tetaplah menjadi generasi yang Karawi, disiplin, berintegritas dan professional sesuai dengan disiplin ilmu yang telah kalian tempuh,” tandasnya.

Ia menambahkan, atas kerja keras selama 3 tahun pihak sekolah mengucapkan selamat kepada siswa kelas XII, yang kini telah lulus dalam kegiatan pembelajaran. Mudah-mudahan dengan ilmu yang telah diajarkan di sekolah, bisa menjadi bekal untuk kehidupan kalian dimasa depan nanti.

“Jadilah pribadi yang baik, dan terus asah kemampuan disetiap tempat yang kalian tempati. Sehingga dapat menghasilkan sebuah karya, yang dapat dinikmati oleh masyarakat,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *