Video Social Experiment Ada Apa Dengan Cadar Viral dan Bikin Haru

Kota Bima, Kahaba.- Video Social Experiment Ada Apa Dengan Cadar (AADC) yang diperankan oleh sekelompok orang dan diunggah di media sosial kini viral, dan dibagikan lebih dari puluhan ribu kali. Video yang berdurasi 5.59 menit itu pun mendapat banyak respon, termasuk dari orang – orang yang non muslim.

Video Social Experiment Ada Apa Dengan Cadar. Foto: Istimewa

Pasca insiden teror bom di Surabaya beberapa pekan terakhir, cadar memang membawa ketakutan tersendiri oleh sebagian orang. Sebab, pelaku yang merupakan satu keluarga juga melaksanakan aksi kejinya dengan mengenakan cadar. Pakaian yang menutup seluruh aurat wanita itu digeneralisir dan dinilai sebagai seorang teroris.

Video Social Experiment yang diunggah oleh akun Facebook bernama Eka Kurnia ini pun ingin menunjukan betapa cadar tidak seperti yang telah terlanjur dituduhkan. 2 orang perempuan yang memakai cadar dan seorang laki – laki yang menutup wajah berdiri disalah satu tempat perbelanjaan dan menunjukan tulisan yang berisi “PELUK SAYA, Jika Anda Merasa Aman Dengan Keberadaan Kami” tulisan lain “Jika Anda Perempuan, Peluk Saya”. Lalu pada kertas yang dipegang oleh seorang laki – laki juga menuliskan “Jika Anda Lelaki, Peluk Saya”.

Video tersebut pun begitu menyentuh hati. Setiap orang yang melewati ketiga orang yang berdiri itu, berjalan mendekat dan memeluknya penuh hangat. Bahkan terlihat sebagian orang yang berlari kecil, kemudian merangkul 2 orang perempuan yang mengenakan cadar.

Tidak saja 2 orang yang mengenakan cadar tersebut yang tak kuasa menahan tangis, ketika didatangi dan dipeluk orang yang lalu lalang di tempat itu. Tapi warga yang menghampiri dan memeluk mereka juga terlihat beberapa kali mengusap air mata.

Video Social Experiment itu seolah memberi pesan, tidak elok rasanya harus menaruh prasangka buruk terhadap mereka yang memakai cadar. Tidak tepat juga rasanya jika mereka dituduh teroris, sok alim dan sok suci. Karena kain yang mereka kenakan juga tidak menganggu siapapun. Cadar yang digunakan juga justru membantu para lelaki untuk menundukan pandangan. Jangan karena segelintir orang yang bercadar itu pernah melakukan kesalahan, maka semua orang yang bercadar itu dicap salah.

Unggahan di facebook tersebut sudah dibagikan sebanyak 28.363 kali dan beragam komentar pun dituliskan. Tidak saja dari sesama muslim, tapi juga oleh orang – orang non muslim yang menyatakan dukungannya terhadap keteguhan iman. Jika ingin menonton videonya, bisa membuka link ini www.youtube.com/watch?v=EAhUQivTMEg.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *