Lomba Kelurahan Digelar, Melayu Pertama Dinilai

Kota Bima, Kahaba.- Mulai hari Rabu (23/5) Lomba Kelurahan Tingkat Kota Bima mulai digelar. Hari pertama, dilaksanakan di Kelurahan Melayu Kecamatan Asakota. Agenda lomba tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh Pemerintah Kota Bima melalui Bagian Administrasi Pembangunan (AP) Setda Kota Bima.

Penilain lomba kelurahan di Melayu. Foto: Eric

Ketua Panitia Kegiatan H Fahruddin dalam sambutannya menyampaikan, pelaksanaan lomba kelurahan ini mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015, tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengukur dan menilai, sejauh mana kemampuan dan perkembangan setiap kelurahan. Tentang pelaksanaan dan program-program pembangunan pemerintah maupun masyarakat pada kurun waktu 2 tahun sebelumnya,” ujarnya.

Mantan Camat Rasanae Timur itu menjelaskan, dalam proses pelaksanaan lomba yang digelar. Ada beberapa item penilaian, meliputi 3 (tiga) kelompok indikator utama. Yaitu yang pertama bidang pemerintahan, kemudian yang kedua bidang kewilayahan dan yang ketiga bidang kemasyarakatan.

Bagi kelurahan yang akan mendapatkan nilai tertinggi dari 3 indikator tersebut berdasarkan penilian panitia tim lomba. Maka berhak mewakili Kota Bima, untuk Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi NTB yang direncanakan di gelar Juni mendatang.

Untuk lomba kelurahan tahun 2018 juga dilaksanakan secara terintegrasi dengan lomba Posyandu dan P2WKSS. Tujuannya adalah untuk efektif dan efisiennya pelaksanaan lomba baik di tingkat kelurahan, maupun tingkat Kecamatan dan Kota Bima.

“Atas nama jajaran pemerintah Kota Bima dan panitia lomba, siap bekerja profesional dalam penyelenggaraan lomba tersebut. Sehingga apa yang menjadi hasil akhir, merupakan penilaian yang akuntabilitas,” tandasnya.

Sementara itu Lurah Melayu Kamrin yang turut didampingi Kasi Pembangunan Abdul Haris yang dimintai komentarnya mengaku optimis kelurahannya bisa meraih hasil yang baik, karena berbagai kesiapan telah dilakukan sejak lama.

“Alhamdulillah berbagai persiapan telah kami lakukan, mulai dari persiapan administrasi dan fisik sudah telah disiapkan. Diantaranya profil kelurahan, PKK, kebersihan, sosial budaya, ekonomi dan keamanan,” tambahnya.

*Kahaba-04 

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *