Tim BP-PAUD Dikmas NTB Supervisi 38 PAUD 

Kota Bima, Kahaba.- Tim BP-PAUD Dikmas NTB menggelar kegiatan supervisi 38 lembaga PAUD se-Kota Bima, di TK Pembina, Jumat (25/5).

Supervisi salah satu PAUD di Kota Bima. Foto: Eric

Kabid PNFI Dinas Dikbud Kota Bima Hj Dewi Triyani didampingi tim asesor Kota Bima Sailan menjelaskan, saat ini BP-PAUD Dikmas NTB telah melakukan tahapan pemetaan dan supervisi 38 lembaga PAUD, guna mencocokan sekaligus mengecek kelengkapan bahan administrasi sebagai persyaratan akreditasi.

Kata Dewi, yang dilakukan tim pemeriksa terkait segala aktifitas lembaga pendidikan, baik dari segi administrasi dan juga sarana prasarana. Apakah telah memenuhi 8 standar nasional pendidikan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“8 standar nasional pendidikan yang harus dilengkapi diantaranya, standar isi, proses, kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, penilaian dan pembiayaan. Bila standar ini belum dilengkapi, maka akan diberikan wantu perbaikan sesuai jadwal yang diberikan,” sebutnya.

Setelah pelaksanaan supervisi, tahap selanjutnya adalah tahapan perawatan. Seluruh lembaga pendidikan yang telah merampungkan kelengkapan bahan administrasi, berikutnya akan mengirim melalui sistem aplikasi Sistem penilaian akreditasi sekolah dan madrasyah (Sispena) secara online.

“Untuk tahapan supervisi dan dan pemetaan, diperkirakan akan dikerjakan pada Juli mendatang,” tandasnya.

Dewi menambahkan, setelah tahapan pemetaan, supervisi dan  perawatan. Maka tahapan akhir yang harus dilalui adalah visitasi. Tim Kemendikbud pusat akan turun langsung untuk mengecek kondisi  lembaga pendidikan. Apakah sesuai dengan data yang telah dikirimkan, atau terdapat beberapa perubahan.

“Tim pusat akan memeriksa secara detail, diantaranya sarana dan prasarana hingga laporan administrasi, apakah lengkap atau tidak. Hingga pada akhirnya akan disidangkan oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) yang menaungi bidang pendidikan, dan nilainya akan tercantum sesuai kelengkapan,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *