Kabar Bima

Fasilitator Pendamping Masyarakat BPBD Ikut Pembekalan

227
×

Fasilitator Pendamping Masyarakat BPBD Ikut Pembekalan

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- 32 orang fasilitator pendamping masyarakat, untuk bantuan hibah rekonstruksi dan rehabilitasi pasca bencana sektor perumahan BPBD Kabupaten Bima, mengikuti pembekalan di aula SMK 3 Kota Bima, Kamis (31/5).

Fasilitator Pendamping Masyarakat BPBD Ikut Pembekalan - Kabar Harian Bima
Fasilitator saat mengikuti Ikut pembekalan. Foto: Firman

Kabid Rekonstruksi dan Rehabilitasi BPBD Kabupaten Bima Rifaid mengatakan, fasilitator ini memiliki tugas menyiapkan format laporan dan mendampingi penerima bantuan dalam penyusunan laporan keuangan, pembekalan dan pendampingan tekhniks, menghimpun laporan dari penerima bantuan dan menyampaikan laporan hasil pendampingan secara berkala.

Fasilitator Pendamping Masyarakat BPBD Ikut Pembekalan - Kabar Harian Bima

“Fasilitator menjadi ujung tombak di lapangan yang merupakan mitra BPBD,” ujarnya.

Kegiatan ini juga sebagai upaya menyamakan persepsi fasilitator dengan pemaparan materi sebagai bentuk penguatan kemampuan. Dari jumlah fasilitator sebanyak 32 orang, 2 orang ditunjuk menjadi koordinator fasilitator sisanya sebagai fasilitator.

“Fasilitator ini akan mulai bekerja 2 juni sampai dengan 31 desember 2018 atau selama 7 bulan,” terang Rifaid.

Kata dia, fasilitator akan bekerja pada 5 kecamatan yang terdampak bencana banjir. Seperti Kecamatan Wawo, Wera, Ambalawi, Sanggar dan Sape. Dana ini merupakan hibah kementrian keuangan nomor : S-589/MK.7/2017 tanggal 28 November 2017 yang merupakan program hibah bantuan pendanaan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana tahun 2017.

*Kahaba-08