Kabar Bima

Pengemis “Tajir” ini Dirazia, Saat Diamankan Bawa Uang Rp 15 Juta

1145
×

Pengemis “Tajir” ini Dirazia, Saat Diamankan Bawa Uang Rp 15 Juta

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Sosial Kota Bima dan Satuan Pol PP mengamankan sejumlah pengemis yang ada di wilayah Kota Bima, Selasa (5/6). Salah satu diantaranya memiliki uang 15 juta yang tersimpan dalam tas yang sering dibawanya.

Pengemis “Tajir” ini Dirazia, Saat Diamankan Bawa Uang Rp 15 Juta - Kabar Harian Bima
Pengemis yang memiliki uang Rp 15 juta saat diamankan. Foto: Istimewa

Jumlah uang itu terbilang cukup banyak, apalagi untuk seorang pengemis. Keberadaan uang yang tersimpan di dalam tas besar berwarna hitam itu pun sontak mengagetkan petugas razia. Uang digulung dan diikat dengan karet dalam pecahan Rp 2 ribu, Rp 5 ribu bahkan ada yang pecahan Rp 50 ribu.

Pengemis “Tajir” ini Dirazia, Saat Diamankan Bawa Uang Rp 15 Juta - Kabar Harian Bima

Kabid Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial M Tayeb mengatakan, razia pengemis ini untuk diberikan pembinaan. Karena, jika banyaknya pengemis yang berada di suatu daerah, menunjukan daerah tersebut tidak mampu mengatasi kemiskinan.

“Setelah kita data, ternyata banyak pengemis yang diamankan berasal dari luar kota, baik dari Kabupaten Bima, Dompu hingga dari Sumba Barat Daya,” sebutnya.

Untuk pengemis asal Kabupaten Bima diakuinya memiliki uang Rp 15 juta dalam tasnya. Jika dilihat dari fisiknya, yang bersangkutan masih mampu bekerja dan tidak perlu mengemis untuk mendapatkan uang.

“Uangnya di dalam tas itu memang Rp 15 juta,” katanya.

Lanjut Tayeb, untuk warga Kota Bima yang mengalami cacat fisik pihaknya sudah memberikan jaminan hidup berupa program Asistensi Sosial Penyandang Distabilitas Berat (ASPDB). Bantuan tersebut sebagai upaya pemerintah untuk menetralisir angka pengemis yang berasal dari Kota Bima.

“Mereka akan kami beri pembinaan agar tidak menjadi pengemis lagi,” ungkapnya.

*Kahaba-05