Kabar Bima

STIE Bima Gelar Buka Puasa Bersama Dengan Civitas Kampus  

228
×

STIE Bima Gelar Buka Puasa Bersama Dengan Civitas Kampus  

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Guna mempererat tali silaturahim antara civitas kampus, STIE Bima menggelar kegiatan buka puasa bersama di musholla kampus setempat, Sabtu (9/6). Kegiatan juga diisi dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Irwan.

STIE Bima Gelar Buka Puasa Bersama Dengan Civitas Kampus   - Kabar Harian Bima
Suasana buka puasa bersama jajaran kampus STIE Bima. Foto: Eric

Ustadz Irwan memanfaatkan waktu sekitar 30 menit sebelum berbuka dengan menyampaikan sejumlah keutamaan di bulan yang penuh berkah. Kata dia, bulan suci ramadan merupakan bulan yang lebih baik dari 1.000 bulan. Umat muslim diperintahkan untuk berpuasa sebagaimana diwajibkan pada umat – umat sebelumnya.

STIE Bima Gelar Buka Puasa Bersama Dengan Civitas Kampus   - Kabar Harian Bima

“Berpuasa itu bukan saat ini saja, sejak zaman dulu telah dilaksanakan oleh kaum sebelumnya. Hanya saja dulu pelaksanakannya berbeda waktu dan tata caranya, tapi tujuannya sama yaitu menahan hawa nafsu, sehingga lebih dekat dengan sang pencipta,” jelasnya.

Irwan menjelaskan, puasa dulu dan sekarang juga telah terjadi pergeseran dari segi pelaksana ibadah. Biasanya masjid tetap terisi penuh meskipun menjelang akhir ramadan, tapi sekarang terus bertambah kurang menjelang akhir ramadan.

Padahal jelang akhir ramadan, ujian yang dihadapi semakin berat. Seperti sedang mengikuti lomba lari maraton, disaat awal – awal begitu kuat berlari. Tiba diakhir lomba, semangat sudah semakin menurut. Namun, tidak banyak yang menyadari pada akhir lomba tersebut ada sesuatu yang istimewa disiapkan untuk pemenangnya.

STIE Bima Gelar Buka Puasa Bersama Dengan Civitas Kampus   - Kabar Harian Bima
Buka pusa bersama jajaran STIE Bima. Foto: Eric

“Demikian juga dengan berpuasa, awal – awalnya saja yang banyak memenuhi masjid dan musholla. Tapi mulai kendor disaat akhir. Pada 10 hari terakhir, banyak keistimewaan yang disiapkan oleh Allah SWT,” paparnya.

Irwan kembali menjelaskan, bulan ramadan sesungguhnya melatih diri agar bisa lebih dekat dengan yang maha kuasa. Pada bulan – bulan yang lain juga, diharapkan bisa diaplikasikan kebiasaan yang pernah dilakukan pada bulan ramadan.

“Setelah berhasil satu bulan beribadah khusuk, maka bulan berikutnya kita harus lebih mendekatkan diri dengan Allah SWT,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua STIE Bima Firdaus menambahkan, agenda tersebut merupakan agenda tahunan yang selalu dilaksanakan untuk mempererat silaturahim dengan seluruh civitas kampus. Dengan harapan, terbangun kebersamaan di hari yang penuh berkah.

*Kahaba-04