Kabar Bima

Jelang Idul Fitri, Camat Bolo Imbau Masyarakat Tidak Bunyikan Petasan

230
×

Jelang Idul Fitri, Camat Bolo Imbau Masyarakat Tidak Bunyikan Petasan

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Hari Raya Idul Fitri sebentar lagi, Camat Bolo Mardianah pun mengimbau kepada masyarakat agar tidak membunyikan petasan, agar tidak menggangu orang yang beribadah dan menjaga keamanan wilayah Kecamatan Bolo.

Jelang Idul Fitri, Camat Bolo Imbau Masyarakat Tidak Bunyikan Petasan - Kabar Harian Bima
Camat Bolo Mardianah. Foto: Yadien

“Bunyi petasan berpotensi juga menjadi masalah konflik jika ada yang dibuat terganggu,” ujar camat Bolo, Selasa (12/6).

Jelang Idul Fitri, Camat Bolo Imbau Masyarakat Tidak Bunyikan Petasan - Kabar Harian Bima

Kata Mardianah, imbauan dan upaya melarang masyarakat agar tidak membunyikan petasan sebenarnya sudah dilakukan sejak awal bulan ramadan. Namun karena masih ada di beberapa kampung yang terdengar suara petasan, maka pihaknya kembali memberikan imbauan.

“Di awal puasa bahkan kami razia petasan di pasar-pasar. Kepada semua kepala desa juga berperan aktif melarang masyarakatnya agar tidak membunyikan petasan di wilayahnya masing-masing,” pesannya.

Kata Mardianah, anak-anak atau masyarakat yang kedapatan membunyikan petasan bisa diamankan dan diberikan pembinaan agar tidak melakukannya lagi. Seperti kemarina ada anak yang kedapatan, diamankan dan berikan pembinaan serta memanggil orangtuanya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar turut mengambil bagian untuk melarang masyarakat yang lain atau anak-anak yang membunyikan petasan.

“Saya harap semuanya bisa mengambil bagian. Terlebih agar orang yang menjalankan ibadah merasa nyaman,” harapnya.

*Kahaba-10