Tuntut Transparansi Anggaran, Kantor Desa Sangiang Disegel

Kabupaten Bima, Kahaba.- Kantor Desa Sangiang Kecamatan Wera, Selasa siang (12/6)  disegel pemuda dan masyarakat yang tergabung dalam Front Masyarakat Sangiang Menggugat. Penyegelan ini sebagai buntut penggunaan anggaran desa yang dinilai tidak transparan.

Kantor Desa Sangiang saat disegel. Foto: Istimewa

Masyarakat menyegel pintu depan kantor desa menggunakan papan kayu dan menempel kertas plano berisi tulisan mendesak agar SPJ penggunaan dana desa segera dilakukan. Untungnya, penyegelan dilakukan pada saat libur aktivitas kantor desa.

Koordinator lapangan aksi Hendra mengatakan, ia bersama masyarakat sengaja menyegel Kantor Desa Sangiang sebagai peringatan keadaan pemerintah desa dalam bahaya karena sejumlah masalah.

Dalam aksinya mereka mendesak Pemerintah Desa Sangiang transparan dalam pengelolaan anggaran mulai tahun 2016 sampai saat tahun ini. Kemudian mendesak Pemerintah Desa Sangiang memberikan kejelasan terkait Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) dari tahun ke tahun.

“Kami juga mendesak Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serius dalam menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan amanat undang-undang,” ujarnya.

Tuntutan lainnya, yakni mendesak Pemerintah Desa Sangiang agar menyelesaikan masalah krisis air minum yang sudah hampir 2 minggu ini dikeluhkan masyarakat Desa Sangiang.

Perwakilan masyarakat lainny Sahrul dalam orasinya menilai masalah di Desa Sangiang tidak akan pernah selesai karna pemerintah desa tidak itikad baik mencari solusi terhadap masalah yang terjadi.

“kami melihat fungsi kontrol BPD sebagai penyalur aspirasi masyarakat juga tidak berjalan sama sekali. Bahkan kami menganggap BPD Sangiang sudah mati,” kritiknya.

*Kahaba-03

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *