Pawai Budaya Dalam Rangka 10 tahun Hari Jadi Kota Bima

Kota Bima, Kahaba. Pawai Budaya dalam rangka menyambut hari jadi Kota Bima yang ke-10 berlangsung semarak. Diikuti oleh ribuan peserta, masyarakat turun ke jalan dengan aneka ragam kostum yang membuat sepanjang jalan Soekarno Hatta Minggu (8/4) pagi ini menjadi indah penuh warna.  Aneka kesenian daerah juga dipertunjukkan sebagai bentuk sukacita masyarakat Bima atas Kota mereka yang sudah satu dasawarsa berdiri.

Peserta pawai budaya pada tahun ini terhitung banyak, seluruh instansi negeri dan swasta, sekolah-sekolah, dan juga masyarakat umum diikutsertakan dalam barisan. Kemeriahan pawai budaya juga dilengkapi dengan pertunjukan marching band sejumlah instansi dan sekolah, kesenian daerah seperti aneka tarian-tarian klasik dan kontemporer, permainan tradisional  daerah (Mpa’a),  serta kendaraan yang dihias dengan pernak-pernik unik seakan membuat warga yang menyaksikan iringan pawai enggan untuk beranjak pulang.

Etnis-etnis nusantara yang ada di Kota Bima juga ikut berpartisipasi memeriahkan perayaan satu dasawarsa lahirnya Kota Bima dengan menampilkan atraksi budaya dan kesenian tradisionalnya masing masing. Etnis Bali misalnya, dengan mengarak ogoh-ogoh raksasa mereka terlihat bersuka cita menyambut senyuman ramah warga kota yang menyaksikan mereka di sepanjang jalan. Etnis-etnis lainnya juga tidak mau kalah, komunitas warga Sasak (Lombok) menampilkan atraksi gendang beleq, paguyuban Jawa Timur-an memukau penonton dengan atraksi reog, Masyarakat Jogja mengarak gunungan raksasa serupa dengan perayaan sekaten. Etnis-etnis lain seperti Sumbawa, Bugis, Madura, Flores juga melakukan hal yang sama dan membuat perayaan Hari Jadi Kota Bima yang ke 10 ini menjadi semakin berwarna.

Kegiatan yang melibatkan seluruh elemen masyarakat ini dimulai pada pukul 8.00 Wita dengan mengambil lokasi start Lapangan Pahlawan (Raba) dan Lapangan Serasuba (Bima). Kedua barisan iring-iringan peserta pawai berjalan kaki menuju Kantor Walikota sebagai tempat finish. Rombongan terakhir yang menjadi penanda kegiatan ini berakhir tiba di halaman kantor walikota Bima pada pukul 12.30 Wita.

Matahari pagi yang bersinar terik karena langin Kota Bima yang cerah tidak memudarkan semangat mereka untuk berpartisipasi menyambut Hari Ulang Tahun Kota Bima yang tercinta. [BQ]

  • Foto: Bin Kalman
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *