Hari Ini PPK Mulai Rekap Hasil Perhitungan Suara

Kota Bima, Kahaba.- Proses pemungutan dan perhitungan suara Pilkada Kota Bima Tahun 2018 di tingkat KPPS berakhir kemarin. Sampai dengan malam harinya, petugas menyelesaikan seluruh administrasi.

Ketua KPU Kota Bima Bukhari. Foto: Ady

Ketua KPU Kota Bima Bukhari mengatakan, setelah semua rampung di tingkat KPPS.
Hari ini, Kamis (28/6) PPK secara serentak mulai melakukan rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara di TPS.

“Pleno tingkat PPK dilaksanakan mulai tanggal 28 Juni – 4 Juli. Kemudian dilanjutkan rekap di KPU tanggal 4 Juli – 6 Juli, dilanjutkan dengan penetapan perolehan suara. Sementara untuk rekap gubernur akan dilanjutkan mulai tanggal 7 Juli – 9 Juli di KPU Provinai NTB,” katanya.

Menurut Bukhari, jika sudah ditetapkan perolehan suara pada tanggal 6 Juli, pasangan calon boleh mengajukan Perkara Hasil Pemilihan (PHP) ke Mahkamah Konstitusi. Kalau tidak ada PHP, KPU akan menetapkan calon terpilih setelah ada surat dari Mahkamah Konstitusi, yang menyatakan tidak ada pasangan calon yang mengajukan permohonan perkara hasil pemilihan.

“Kalau ada PHP, nanti KPU akan mengikuti jadwal di MK,” ujarnya.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *