Kabar Bima

KPU Akui Ada Laporan Saat di Pemungutan Suara

268
×

KPU Akui Ada Laporan Saat di Pemungutan Suara

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Ketua KPU Kota Bima Bukhari mengakui ada sejumlah laporan yang diterimanya saat proses pemungutan suara di tingkat KPPS. Namun, laporan tersebut bisa diselesikan dengan dengan baik, sesuai dengan petunjuk aturan.

KPU Akui Ada Laporan Saat di Pemungutan Suara - Kabar Harian Bima
Aktifitas pemungutan suara di TPS 2 Kelurahan Lewirato. Foto: Bin

“Terkait dengan laporan, karena pemilih banyak ragam dan keinginan sehingga ada dinamika yang berkembang di TPS. Tapi tidak ada masalah yang sangat berat, dan semua mampu diselesaikan di tingkat KPPS sesuai peraturan dan ketentuan,” ucapnya, Kamis (28/6) saat ditemui di kantornya.

KPU Akui Ada Laporan Saat di Pemungutan Suara - Kabar Harian Bima

Laporan yang diterima seperti masalah kekurangan logistik yang terjadi disejumlah kelurahan. Kendati kekurangan itu banyak, tapi tidak terlalu signifikan dan tidak mempengaruhi. Sehingga pemilih juga tetap bisa menggunakan hak pilih. Sebab, ada sejumlah warga warga juga yang tidak hadir memberikan hak suara.

Kemudian dari proses perhitungan suara kata dia, tidak ada keberatan dan kekeliruan yang dilakukan KPPS. Semua berjalan dengan baik, saksi, Panwas, PPL dan masyarakat menyaksikannya juga secara terbuka.

“Karena proses pemungutan dan perhitungan suara aman dan damai, maka tugas kita dan masyarakat selanjutnya bisa mengawal hasil perhitungan suara ditingkat PPK,” katanya.

Apalagi ada menemukan kecurangan atau kekeliruan yang dilakukan oleh PPK sambungnya, ia mempersilahkan menyampaikannya melalui saksi dan pengawas. Sehingga nanti kualitas hasil rekapitulasi di tingkat PPK diterima oleh semua pihak, terutama pasangan calon.

“Masyarakat juga bisa memantau perolehan suara paslon melalui website KPU RI kpu.go.id hasil pemilu,” tambahnya.

*Kahaba-01