Demo Cuci Tangan Pakai Sabun Warnai HCTPS

Kabupaten Bima, Kahaba.- Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS)  ke 5 tingkat Kabupaten Bima tahun ini dipusatkan halaman di SDN Teta Kecamatan Lambitu Sabtu (13/10/2012) kemarin. Kegiatan ini diperingati tiap tahun untuk menyerukan perlunya peningkatan praktek higienes dan sanitasi di seluruh dunia.

Demonstrasi cuci tangan pakai sabun oleh murid SD dalam rangkaian peringatan HCTPS ke-5 Kab. Bima, Sabtu (13/10/2012). Foto: Humas Pemkab

Di tingkat nasional, tema HCTPS yang diangkat yaitu “Anak Sehat Dimulai dari Tangan Sehat”. Tema ini berangkat dari fakta bahwa Cuci tangan pakai sabun (CTPS) merupakan perilaku sehat yang telah terbukti secara ilmiah dapat mencegah penyebaran penyakit menular seperti kecacingan, diare, ISPA, flu burung serta penyakit lainnya.

Mengingat masih tingginya angka diare dan kecacingan di Indonesia, maka penting untuk menyampaikan pesan CTPS sebagai upaya untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut lebih luas. Dengan diperingatinya HCTPS ini kedepan dapat memperjuangkan pentingnya prilaku cuci tangan pakai sabun bagi masyarakat Indonesia.

Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain, ST dalam amanatnya mengatakan, Bangsa Indonesia bersama dengan lebih dari 70 negara di seluruh dunia dapat merayakan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia yang ke-lima sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan   kesehatan anak bangsa untuk mencapai derajat kesejahteraan yang lebih baik.

“Peran semua pemangku kepentingan terkait untuk  menyelenggarakan HCTPS secara serentak pada tanggal 15 Oktober setiap tahun, menyelenggarakan kegiatan lanjutan dalam rangka sosialisasi dan kampanye CTPS melalui berbagai kegiatan nyata di masyarakat,” harap Bupati.

Kegiatan tersebut lanjut Bupati, dapat berupa penyediaan sarana CTPS yang disertai dengan kjampanye prilaku higienis lainnya di masyarakat, sekolah, fasilitas pelayanan kesehatan (rumah sakit, Puskesmas, apotek, laboratorium) dan tempat umum seperti bandara, pelabuhan, terminal, stasiun, tempat wisata, dan pasar.

Kegiatan ini dihadiri oleh kepala Dinas Kesehatan Drg. Hj. Siti Hadjar Yunus, Plh. Kadis Dikpora, H. Wafdin Ahsan, SH, dan Camat Lambitu, Kurniawan, S.Sos beserta unsur Muspika. KEgiatan ini diramikan pula kepala UPTD Dikpora, Kepala Sekolah, guru dan siswa–siswi se- Kecamatan Lambitu.

HCTPS kali ini juga diisi dengan demo mencuci tangan memakai sabun oleh murid SD se Lambitu dan penyerahan paket PHBS kepada 12 sekolah mulai dari tingkat SD/MIS dan SMP yang diwakili masing–masing perwakilan siswa sekolah. Selain itu lewat kesempatan ini seluruh peserta melakukan pembacaan Deklarasi ODF yang dipimpin oleh Kades Londu Kecamatan Lambitu, Jaharuddin. [BQ]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *