Bakesbangpolinmas Gelar Dialog Penguatan Kemitraan 

Kota Bima, Kahaba.- Bakesbangpolinmas Kabupetan Bima menggelar kegiatan dialog penguatan kemitraan antara pemerintah dan organisasi non pemerintah di Bima Tirta, Jumat (29/6). Kegiatan juga dihadiri Bupati Bima, Dandim 1608 Bima dan sejumlah lembaga non pemerintah seperti LSM, Ormas, organisasi mahasiswa dan insan pers.

Dialog Penguatan Kemitraan Antara Pemerintah dan Lembaga Non Pemerintah. Foto: Eric

Menurut Dandim 1608 Letnan Kolonel Infantri Bambang Kurnia Saputra, keberadaan organisasi non pemerintah sangat penting untuk membentuk pemerintahan yang mensejahterakan masyarakat.

“Komunikasi antara pemerintah dengan organisasi non pemerintah harus terus dijalin, dijaga dan bersinergi sehingga ada komunikasi timbal balik yang bermuara pada solusi untuk membangun,” ujarnya.

Seperit penanganan konflik yang ada di wilayah Kabupaten Bima. Tanpa ada informasi tambahan yang disuarakan oleh organisasi non pemerintah, maka penanganan yang dilakukan pemerintah tidak akan menyeluruh.

Ia pun berharap, organisasi-organisasi ini tidak hanya menyuarakan suara dari bawah tapi juga menjadi corong bagi pemerintah untuk menyampaikan hal-hal apa saja yang sudah dilakukan pemerintah ke masyarakat.

“Ini yang dinamakan komunikasi timbal balik. Ada fit back yang diberikan organisasi kemasyarakatan, kepada pemerintah yang ada,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Bima Edi Tarunawan menjelaskan dialog yang digelar oleh pihaknya untuk mensiknronkan komunikasi antar semua organisasi sehingga terbangun kemitraan dan merangkai kebersamaan untuk membangun Kabupaten Bima.

“Kita berharap, dengan diskusi ini jalinan kemitraan itu akan lebih baik. Komunikasi akan lebih sering terjalin dan semakin banyak solusi terbaik untukembangun daerah,” harapnya.

Kata dia, banyak hal yang dibahas pada pertemuan itu. Mulai dari hubungan pers dengan pemerintah, hingga kenangan konflik yang harus segera diambil komitmen bersama untuk ditangani.

Sementara itu Bupati Bima Hj Indah Damayanti Putri menambahkan, pentingnya peran media dalam memberikan informasi kepada masyarakat itu sangatlah besar pengaruh dalam kehidupan masyarakat. Untuk itu diminta perannya agar bersama berjalan, dan membangun sinergitas yang baik.

“Peran media sangatlah besar dalam menyampaikan informasi, untuk itu pemerintah berharap agar dapat berjalan beriringan bersama-sama membangun Kabupaten Bima yang ramah,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *