Embung Desa Nipa Dibangun, Dukung Kesejahteraan Petani

Kabupaten Bima, Kahaba.- Proyek pekerjaan Embung Desa Nipa Kecamatan Ambalawi sudah masuk tahap akhir dan saat ini sekitar pembangunannya mencapai 90 persen. Pemerintah Desa Nipa menargetkan pekerjaan embung yang berlokasi di So Oi Fanda Dusun Rasa Dese itu rampung beberapa hari lagi.

Embung Desa Nipa. Foto: Istimewa

“Saat ini kondisinya sudah 90 persen, sisanya tinggal pembenahan saja. Satu atau dua hari lagi mungkin selesai dan sudah mulai bisa dimanfaatkan para petani,” kata Kepala Desa Nipa Mahfud, Sabtu (30/6) sore.

Mahfud mengaku, sejumlah unsur terkait dari Pemerintah Kabupaten Bima dan Stakeholder Kecamatan Ambalawi, Sabtu siang tadi turun melihat langsung dan mengevaluasi perkembangan pembangunan Embung Nipa.

“InsyaAllah rencananya, kalau embung sudah rampung akan ada peresmian khusus dan kita undang Bupati Bima,” ujarnya.

Kepala Desa Nipa Mahfud MD. Foto: Ady

Pemanfaatan embung sendiri lanjut dia, diprioritaskan untuk membantu irigasi pertanian masyarakat Desa Ambalawi sekitar 15 hektar. Selain itu, direncanakan akan dikembangkan sebagai lokasi wisata air tawar karena lokasinya yang berada di Spot Wisata Oi Fanda.

Ia menambahkan, panjang bentangan embung dalam perencanaan 15 meter, tetapi olehnya dibangun tambah menjadi 16,70 meter dengan tinggi 1 meter. Sumber anggaran dari dana desa dibantu swadaya masyarakat.

“Semoga dengan adanya embung ini, hasil pertanian bisa meningkat dan mendukung kesejahteraan petani,” harapnya.

*Kahaba-03

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *