HUT Bima ke-378, Bupati Bima Paparkan Capaian Pembangunan

Kabupaten Bima, Kahaba.- Upacara peringatan Hari Jadi Bima ke-378 dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Bima Dusun Godo Kecamatan Woha. Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri yang bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam sambutannya memaparkan sejumlah capaian pembangunan pemerintah daerah.

Bupati dan Wakil Bupati Bima Dinda – Dahlan menyampaikan sambutan saat acara syukuran. Foto: Deno

Seiring perjalanan waktu papar Bupati, Kabupaten Bima mengalami perkembangan ke arah yang lebih maju. Kewenangan otonomi luas dan bertanggungjawab yang diberikan pemerintah dalam bingkai otonomi daerah dimanfaatkan untuk terus menggali potensi-potensi daerah secara multi dimensi, baik potensi sumberdaya manusia maupun sumberdaya alam agar dapat dimanfaatkan secara optimal.

“Pembangunan Dana Mbojo, Insya Allah kedepan akan terus berkembang pesat, bilamana iklim yang sejuk dan kondusif mampu kita pelihara dan tingkatkan seraya menjaga komitment kebersamaan, persaudaraan dan keikhlasan membangun daerah,” jelasnya.

Semua pihak lanjutnya, perlu menyadari bahwa visi Bima RAMAH (Religius, Aman, Makmur, Amanah dan Handal) tidak akan terwujud dengan sendirinya. Demikian pula kedamaian hidup tidak terwujud secara tiba-tiba. Namun semua akan dapat dirasakan apabila semua mau bekerja keras, menggiatkan usaha-usaha pembangunan dan perbaikan mutu hidup dengan meretas berbagai tantangan yang dihadapi secara arif dan bijaksana.

Serangkaian ikhtiar yang telah direlisasikan, menunjukkan hasil yang cukup prospektif. Di Bidang tata kelola keuangan, Pemerintah Kabupaten Bima kembali berhasil meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK. “Keberhasilan ini diraih berkat akuntabilitas kinerja keuangan dan kerja keras jajaran Pemerintah Kabupaten Bima yang dibarengi oleh dukungan aktif dari segenap masyarakat,” terangnya.

Di Bidang Perhubungan, armada pernerbangan telah bartambah yaitu kehadiran pesawat NAM AIR yang melayani Rute Bima-Mataram-Denpasar PP. Diharapkan kelancaran akses transportasi udara sebagaimana dimaksud memberi dampak positif pada akselarasi pembangunan ekonomi, perdagangan dan pariwisata.

Di Bidang Komunikasi dan Informatika, Radio Republik Indonesia Bima atau RRI Bima mengudara. Hal ini tentunya berkat perjuangan panjang yang terus menerus dilakukan untuk menghadirikan radio publik sebagai wahana penyebarluasan informasi tentang pembangunan daerah.

Di Bidang Kesehatan, Pemerintah Kabupaten Bima meraih penghargaan sebagai daerah yang mampu menurunkan angka stunting pada anak yang ditandai dengan menurunnya angka kematian bayi selama tiga tahun terakhir. Disamping itu, proses rehabilitasi dan pembangunan sarana dan prasarana kesehatan terus berjalan dengan baik dan diharapkan akan semakin memperkuat aspek-aspek pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Pada Bidang Pendidikan Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, Pemerintah Kabupaten Bima telah berhasil mendapatkan penghargaan PAUD Tingkat Nasional dan kehadiran Porgram Inovasi serta Rumah Inovasi telah berhasil merangsang kreatifitas dan inovasi para guru dalam proses belajar mengajar.

Di Bidang Inftastruktur, sepanjang tahun telah banyak dilakukan perbaikan dan pembangunan sejumlah infrastruktur vital berupa jalan dan jembatan. Di Bidang Pariwisata, inovasi, prakarsa dan kreatifitas masyarakat dalam mempromosikan budaya dan destinasi wisata cukup dinamis. Hal ini memberikan energi positif bagi jajaran Pemerintah Daerah untuk terus memberikan dukungan terhadap prakarsa dan kreatifitas masyarakat di sejumlah wilayah.

Di Bidang Koperasi dan UKM,  terus dilakukan pembinaan untuk memperkuat kelembagaan Koperasi dan UKM. Di Bidang Perindustrian dan Perdagangan telah banyak diberikan bantuan kepada kelompok industri kecil menengah dalam rangka pengembangan usaha dan peningkatan geliat perekonomian yang diharapkan terus tumbuh dan berkembang.

Di Bidang Kelautan dan Perikanan, telah banyak diberikan bantuan untuk para nelayan serta peningkatan kapasitas kelompok-kelompok nelayan dan pemberian ansuransi kepada para nelayan.

Di Bidang Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan, telah banyak diberikan bantuan-bantuan untuk penguatan produksi pertanian dalam arti luas dalam rangka ikhtiar kita bersama membangun sistim pertanaian yang berkelanjutan di masa yang akan datang.

Sedangkan di Bidang Sosial Keagamaan, sepanjang tahun 2017 dan 2018 telah banyak dikucurkan bantuan pembangunan Masjid, Mushalla, maupun Pondok Pesantren yang ada di sejumlah wilayah.  Hal lain yang juga cukup fundamental, adalah Peraturan Bupati Bima tentang Gerakan Pesantren Sehari, Shalat Subuh Berjamaah dan Magrib Mengaji sebagai cerminan penggiatan aspek-aspek religius sesuai Visi Bima Ramah.

“Sejumlah prestasi dan penghargaan ini tentu saja amat membanggakan, namun tidak boleh menjadikan kita terlena dan cepat puas atas apa yang telah diraih. Prestasi ini harus memacu semangat kebersamaan dan motivasi dalam menumbuh kembangkan semangat membangun berlandaskan budaya gotong royong,” ujar Bupati Bima.

Karena pada hakekatnya kata dia, kita membangun bukan untuk meraih piala dan penghargaan itu tetapi melaksanakan amanat para pendiri daerah ini yaitu membawa Dou Labo Dana Mbojo ke arah kehidupan yang religius, aman, makmur, amanah dan handal.

*Kahaba-03

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *