Kabar Bima

Pekerjaan Rabat Gang Rampung, Pemerintah Apresiasi Semangat Gotong-Royong Warga Darussalam

264
×

Pekerjaan Rabat Gang Rampung, Pemerintah Apresiasi Semangat Gotong-Royong Warga Darussalam

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pemerintah Desa Darussalam menyelesaikan pembuatan rabat gang sepanjang 103 meter di RT 3 RW 2 Dusun Daru. Proyek tersebut dikerjakan mengunakan anggaran dana desa tahap pertama tahun 2018.

Pekerjaan Rabat Gang Rampung, Pemerintah Apresiasi Semangat Gotong-Royong Warga Darussalam - Kabar Harian Bima
Kondisi Lingkungan RT 3 RW 2 Desa Darussalam setelah pekerjaan rabat gang. Foto: Yadien

“Rabat gang tersebut dikerjakan dengan anggaran sebesar Rp 48 juta, dengan waktu 5 hari mulai tanggal 8 Juni – 13 Juni 2018 lalu,” ujar Kepala Desa Darussalam H Abdurrahman, Selasa (10/7).

Pekerjaan Rabat Gang Rampung, Pemerintah Apresiasi Semangat Gotong-Royong Warga Darussalam - Kabar Harian Bima

Dirinya juga mengapresiasi kebersamaan warga RT 3 RW 2, tempat pekerjaan itu dilaksanakan. Pasalnya, saat dkerjakan masyarakat setempat bergotong-royong agar rabat gang cepat selesai dikerjakan.

“Alhamdulillah, tanpa perintah masyarakat langsung ambil bagian,” katanya.

Abdurrahman berharap, semoga semangat membangun desa dengan cara ikut berpartisipasi seperti ini bisa menjadi contoh bagi warga lain, agar kedepan pembangunan desa bisa dilakukan bersama-sama dengan warga.

“Keterlibatan dan partisipasi aktif warga itu sangat penting,” ucapnya.

Sementara itu, Pendamping Desa Bidang Teknik Infrastruktur Tamrin mengatakan, pengerjaan rabat gang di RT tersebut terbilang bagus dan sudah memenuhi standar pengerjaan sebagaimana yang sudah diatur dalam gambar. Selain itu, secara administrasi pemerintah setempat juga sudah melakukanya dengan baik.

“Bagus, selain kuat rabat gang tersebut juga terbilang rapi,” tuturnya.

Kata Tamrin, dirinya bangga dengan warga setempat yang dengan sukarela bergotong-royong saat pembangunan rabat tersebut. Tidak hanya laki-laki, bahkan perempuan pun ikut ambil andil.

“Saya lihat ibu-ibu itu menyiram sebelum rabat gang dikerjakan, begitujuga setelah selesai dikerjakan untuk merawat rabat gang yang sudah dibuat,” ungkapnya.

*Kahaba-10