Kabar Bima

2 Siswa SMPN 11 Ikut Lomba OPSI Tingkat Nasional

312
×

2 Siswa SMPN 11 Ikut Lomba OPSI Tingkat Nasional

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dian Islamiati (15) dan Dhea Ananda (14/7) siswa SMPN 11 Kota Bima dinyatakan lolos dalam seleksi Lomba Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tingkat Nasional. Mereka akan bertanding melawan perwakilan siswa dari 34 Provinsi mulai Senin – Kamis (23-26/7).

2 Siswa SMPN 11 Ikut Lomba OPSI Tingkat Nasional - Kabar Harian Bima
Dian dan Dhea siswa SMPN 11 Kota Bima. Foto: Ist

“Dian dan Dhea sebelumnya mengirim naskah penelitian ke Kemendikbud via email bulan Juni lalu. Hasilnya mereka dinyatakan lolos dan naskah mereka layak untuk dipresentasikan,” ujar Kepala SMPN 11 Rosdy Efendi.

2 Siswa SMPN 11 Ikut Lomba OPSI Tingkat Nasional - Kabar Harian Bima

Diakuinya, lebih dari 2 ribu naskah yang diterima dan diseleksi oleh Kemendikbud dari seluruh Indonesia. Tapi hanyan 34 naskah yang dinyatakan lolos dan SMPN 11 Kota Bima berada diurutan ke-10 se-Indonesia.

Rosdy mengatakan, naskah penelitian yang ditulis oleh 2 siswanya itu mengangkat tema tentang pendidikan berkarakter yang berbasis kearifan lokal. Judulnya Segele, yang berarti menanam padi sembari bernyanyi lagu daerah.

“Berkat kerja keras dan latihan siswa serta bimbingan guru pembina selama 4 bulan, Dian dan Dhea berhasil tampil baik. Mereka pun siap tampil di Surabaya nanti,” katanya.

Guru pembina Baharudin mengatakan, untuk mempersiapkan segala kebutahan selama lomba nanti. Siswa saat ini terus dilatih agar bisa memahami materi penelitian yang dinyatakan lolos tersebut.

“Inshaa Allah siswa kami akan tampil maksimal dan siap mempresentasikan dengan baik di depan dewan juri,” tambahnya.

*Kahaba-04