KPU Tetapkan Lutfi-Feri Sebagai Pasangan Calon  Terpilih

Kota Bima, Kahaba.- KPU Kota Bima menggelar rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon (Paslon) terpilih pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bima Tahun 2018 di Home Stay Muthmainnah, Rabu (25/7).

Rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih. Foto: Ist

Ketua KPU Kota Bima Bukhari saat menyampaikan sambutan mengatakan, berdasarkan ketentuan Pasal 54 PKPU Nomor 9 Tahun 2018 tentang rekapitulasi hasil perhitungan suara dan penetapan hasil Pemiliha Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan Walikota dan Wakil Walikota menyebutkan, KPU menetapkan pasangan calon terpilih dalam rapat pleno terbuka.

“Penetapan pasangan calon terpilih ditetapkan dengan keputusan KPU dilakukan paling lambat 3 hari setelah Mahkamah Konstitusi (MK) melakukan registrasi perkara perselisihan hasil pemilihan dalam buku registrasi perkara konstitusi,” ujarnya.

Berdasarkan ketentuan tersebut kata dia, maka KPU Kota Bima menggelar rapat pleno terbuka dalam rangka penetapan pasangan calon terpilih dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bima tahun 2018 dengan merujuk pada sertifikat rekapitulasi perhitungan suara dari setiap kecamatan di tingkat Kota Bima atau formulir Model DB1-KWK.

Kemudian keputusan KPU Kota Bima nomor 50/HK.04.1-Kpt/5272/KPU-Kot/VII/2018 tentang penetapan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bima tahun 2018.

Dari kedua sumber data tersebut sambung Bukharim masing – masing pasangan calon memperoleh suara, pasangan calon nomor urut 1 H A Rahman H Abidin – Ferra Amelia memperoleh suara sebanyak 35.059 atau 39,70 persen. Pasangan calon nomor urut 2 H Muhammad Lutfi dan Feri Sofiyan memperoleh suara sebanyak 39.006 atau 44,17 persen dan pasangan calon nomor urut 3 Subhan HM Nur dan Wahyudin memperoleh suara sebanyak 14.235 atau 16,12 persen.

“Dengan demikian, pasangan calon terpilih dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bima tahun 2018 adalah H Muhammad Lutfi dan Feri Sofiyan dengan perolehan suara terbanyak,” katanya.

Acara tersebut dihadiri oleh calon Walikota Bima dari pasangan nomor urut 2 H Muhammad Lutfi beserta istri. Sementara pasangan calon nomor urut 1 dan 3, tidak terlihat berada di lokasi kegiatan. Hadir juga saat rapat pleno terbuka itu, Panwaslu Kota Bima, sejumlah ketua partai politik di Kota Bima dan perwakilan dari pemerintah daerah.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *