Senin Pekan Depan Kwarcab Pramuka Gelar Lomba Gerak Jalan Indah

Kota Bima, Kahaba.- Dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia (RI) ke-73 dan Pramuka ke-57, Kwarcab Pramuka Kota Bima akan menggelar lomba gerak jalan indah. Kegiatan tersebut rencananya digelar Senin – Jumat (6-10/8) pekan depan.

Sekretaris Umum Kwarcab Pramuka Kota Bima Yun Kamaruddin. Foto: Eric

Sekretaris Umum Kwarcab Pramuka Kota Bima Yun Kamaruddin menyampaikan, lomba gerak jalan indah dikuti 304 regu. Terdiri dari berbagai tingkatan sekolah dan juga guru. Untuk tingkat pelajar SD (Siaga) sebanyak 147 regu, SMP (Penggalang) 48 regu, SMA (Penegak) sebanyak 35 regu dan guru sebanyak 74 regu.

“Jumlah peserta tahun ini meningkat, karena ada penambahan regu dari kalangan guru sesuai Permendikbud tentang penyesuaian seragam pramuka bagi pelajar dan  juga guru,” ujarnya, Rabu (1/8).

Dari kegiatan gerak jalan indah ini sambungnya, peserta belajar tentang kebersamaan, disiplin, kekompakan, pendidikan mental sekaligus memotivasi untuk terus meningkatkan kemampuan diri.

“Pramuka merupakan wujud dari media pendidikan yang tidak bisa dilepaskan dari dunia sekolah. Karena dalam setiap pembelajaran pramuka, selalu mengajarkan tentang budi pekerti, mental, termasuk jiwa kepemimpinan,” paparnya.

Guna mensukseskan lomba tersebut, pihaknya telah menetapkan sebanyak 21 dewan juri yang profesional yang akan memberikan penilaian kepada seluruh peserta. Panitia tersebut akan memberikan penilaian berdasarkan beberapa aspek, diantaranya baris-berbaris, keindahan, variasi, ketepatan waktu, keseragaman, kekompakan dan beberapa aspek lainnya.

Ditambahkan Yun, rute gerak jalan tahun ini terdapat perubahan dibandingkan pada tahun sebelumnya. Sebab untuk jalur dari arah timur Kelurahan Rabangodu dan dari arah utara Kelurahan Penatoi, terdapat 2 jembatan yang tengah dalam tahap pembongkaran.

“Untuk regu SD dan guru akan mengambil jalur Start dari Hotel Parewa dan Finish di Kantor Walikota Bima. Sedangkan untuk regu SMP dan SMA akan mengambil rute start dari Lapangan Serasuba dan finish di depan SDN 40 Kota Bima Kelurahan Penatoi,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *