Kabar Bima

Sampah Jadi Perhatian Serius, Pemdes Rato Beli Mobil Sampah Desa

360
×

Sampah Jadi Perhatian Serius, Pemdes Rato Beli Mobil Sampah Desa

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Karena masalah sampah dianggap menjadi masalah serius di lingkungan desa, Pemerintah Desa (Pemdes) Rato Kecamatan Bolo membeli mobil sampah jenis Carry menggunakan dana desa tahap pertama tahun 2019.

Sampah Jadi Perhatian Serius, Pemdes Rato Beli Mobil Sampah Desa - Kabar Harian Bima
Mobil Sampah Desa Rato. Foto: Yadien

Kepala Desa Rato Junaidi H Mahmud mengatakan, permasalahan sampah yang ada di lingkungan masyarakat Desa Rato harus menjadi perhatian serius. Karena akan menimbulkan masalah lain. Untuk itu, pihaknya membeli mobil sampah desa.

Sampah Jadi Perhatian Serius, Pemdes Rato Beli Mobil Sampah Desa - Kabar Harian Bima

“Sampah ini masalah serius, harus ditangani serius,” ujarnya, Senin (20/8)

Katanya, mobil jenis Carry tersebut dibeli seharga Rp 60 juta menggunakan dana desa tahap pertama tahun 2018. Dengan adanya mobil sampah tersebut, masyarakat diminta agar menyimpan sampah yang sudah dibungkus plastik atau karung di halaman rumah masing-masing.

“Nanti petugas sampah akan mengangkutnya setiap hari Rabu dan Minggu,” katanya.

Untuk petugas sampah sambung kades, pemerintah desa setempat juga telah merekrut 2 orang yang akan digaji dengan menggunakan dana desa masing-masing 200 ribu per bulan.

Guna memaksimalkan program dimaksud, kedepan pihaknya juga akan membangun tempat pembuangan sampah desa sementara dengan menggunakan dana desa tahap kedua tahun 2018.

“Rencananya, tempat pembuangan sampah desa sementara akan dibangun dengan ukuran 2×2 meter di 2 tempat. Di depan SDN 11 dan dan di depan kantor UPTD Kehutanan Kecamatan Bolo,” sebutnya.

*Kahaba-10