Kabar Bima

Gempa 6,9 SR Kembali Guncang Lombok, 10 Orang Meninggal Dunia

206
×

Gempa 6,9 SR Kembali Guncang Lombok, 10 Orang Meninggal Dunia

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Gempa bumi beruntun kembali mengguncang Lombok dan menyebabkan korban jiwa maupun kerusakan bangunan. Gempa dengan kekuatan 6,9 SR (bukan 7 SR, telah diralat BMKG) yang mengguncang Lombok dan sekitarnya pada Minggu (19/8) pukul 20.56 Wita menimbulkan guncangan keras di Lombok Timur dan Lombok Utara dengan intensitas VI-VII MMI (kuat).

Gempa 6,9 SR Kembali Guncang Lombok, 10 Orang Meninggal Dunia - Kabar Harian Bima
Dampak gempa 6,9 SR Lombok Timur. Foto: Dok BNPB

Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB hingga Senin (20/8) pukul 10.45 WIB, tercatat 10 orang meninggal dunia, 24 orang luka-luka, 151 unit rumah rusak (7 rusak berat, 5 rusak sedang, 139 rusak ringan) dan 6 unit fasilitas ibadah.

Gempa 6,9 SR Kembali Guncang Lombok, 10 Orang Meninggal Dunia - Kabar Harian Bima

“Ini adalah data sementara karena pendataan masih berlangsung. Kendala listrik padam total menyebabkan komunikasi dan pendataan terhambat,” ungkap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui laman resmi bnpb.go.id.

Dari 10 orang meninggal dunia akibat gempa 6,9 SR berasal dari Kabupaten Lombok Timur 4 orang, Sumbawa Besar 5 orang, dan Sumbawa Barat 1 orang. Tim SAR gabungan dari Basarnas, TNI, Polri, ESDM, dan relawan masih melakukan evakuasi.

Saat kejadian gempa masyarakat banyak yang berada di luar rumah dan di pengungsian sehingga tidak menimbulkan banyak korban jiwa. Rasa trauma guncangan gempa, apalagi pada Minggu siang terjadi gempa 6,5 SR di Lombok Timur menyebabkan masyarakat memilih berada di luar rumah.

“Korban meninggal sebagian karena tertimpa bangunan roboh dan sebagian karena serangan jantung kaget menerima guncangan gempa yang keras,” jelasnya.

*Kahaba-03