Pemdes Kole Dukung Pemanfaatan Alat Pemintal Benang

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pemerintah Desa Kole Kecamatan Ambalawi terus berupaya mendukung penguatan usaha kerajinan tenun masyarakat desa. Dukungan yang diberikan berupa alat dan bahan tenun untuk para pengrajin.

Rahmat (bertopi) saat menunjukan alat penggulung benang ciptaanya kepada DPMDes Kabupaten Bima. Foto: Istimewa

“Untuk tahun ini, pemerintah desa juga turut mendorong pemanfaatan alat pemintal benang hasil karya tangan Rahmat Hidayat pemuda Desa Kole,” jelas Bendahara Desa Kole Mulyanton, Rabu (29/8).

Sebagai langkah awal untuk mendukung pemanfaatan alat pemintal benang itu kata dia, pemerintah desa membantu mengalokasikan anggaran untuk pengadaan 3 unit. Nantinya alat itu akan diberikan kepada kelompok pengrajin tenun.

“Niat kita melalui alat tersebut selain untuk membantu pengrajin tenun, pengadaan juga dilakukan sebagai bentuk apresiasi terhadap karya generasi muda desa,” terangnya.

Anton, sapaan akrab Mulyanton mengaku, banyak kemudahan yang didapat para pengrajin dengan adanya alat pemintal benang. Pekerjaan menjadi lebih ringan, biaya dan banyak waktu bisa dihemat.

Apabila manfaat alat pemintal benang sangat dirasakan pengrajin tenun lanjutnya, maka pemerintah desa akan mengupayakan pengadaan lebih banyak lagi pada tahun 2019 mendatang.

“Saat ini pengrajin tenun berjumlah 147 di Desa Kole. Ke depan kita memang ingin mempromosikan Desa Kole sebagai desa tenun di Kabupaten Bima,” ujarnya.

*Kahaba-03

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *