Bawaslu Harap Media Bisa Bersama Lakukan Upaya Pencegahan

Kota Bima, Kahaba.- Bawaslu Kota Bima menggelar kegiatan sosialisasi tahapan Pemilu DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kota dan Kabupaten serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 untuk media massa, di Villa Kosambo, Rabu malam (5/9).

Sosialisasi Penyelenggaran Pemilu 2019 oleh Bawaslu Kota Bima untuk media. Foto: Bin

Ketua Bawaslu Kota Bima Muhaimin dalam sambutannya menjelaskan, media memiliki peran strategis untuk suksesnya penyelenggaran pemilu. Karena sebelum itu, pihaknya merasakan betul peran media dalam mengawal jalannya pelaksanaan Pilkada Kota Bima. Sehingga terpilih pemimpin yang sesuai keinginan rakyat.

“Media menjadi bagian penting untuk mengawal pelaksanaan pemilu. Pengawasan dalam bentuk pemberitaan media juga menjadi rujukan untuk tindakan dan langkah yang harus dilakukan penyelenggara pemilu,” paparnya.

Bicara soal pengawasan kata Muhaimin, pihaknya perlu menyampaikan bahwa setelah Bawaslu Kota Bima dibentuk dan dilantik tanggal 15 Agustus 2018 lalu, pihaknya fokus melakukan pengawasan. Hasilnya, ditemukan ada pelanggaran pemasangan alat peraga kampanye oleh bakal caleg, sebelum tahapan kampanye dimulai.

“Terhadap hasil pengawasan ini, kami sudah mengeluarkan surat imbauan agar parpol mulai menertibkannya dan kami juga sudah mulai melakukan penertiban,” ujarnya.

Muhaimin menjelaskan, pada prinsipnya Bawaslu bekerja lebih awal melakukan langkah-langkah pencegahan, agar pelanggaran tidak meluas. Jika sudah dilakukan itu, maka akan dilanjutkan dengan langkah-langkah penindakan.

Pada upaya pencegahan tersebut, pihaknya berharap agar media juga mengambil peran dengan melakukan pengawasan dan pencegahan pada tupoksi pemberitaan. Karena hasil yang disampaikan media, juga menjadi informasi yang sangat penting untuk bentuk upaya pencegahan yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu.

“Pencegahan perlu dilakukan, agar peserta pemilu juga bisa diingatkan dengan aturan aturan yang ada,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Komisioner Bawaslu Kota Bima Asrul Sani juga mengharapkan hal yang sama. Dirinya yang juga berlatar belakang jurnalis, merasakan manfaatnya setiap pemberitaan dinamika pemilu yang disampaikan media.

Untuk itu, pada periode Bawaslu Kota Bima tahun ini, pihaknya ingin membangun sinergitas yang maksimal dengan media. Agar proses pelaksanaan pemilu juga berjalan dengan baik dan semakin baik.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *