Tim Penilai Lomba Penataan Arsip Sisir 12 OPD

Kabupaten Bima, Kahaba.- 5 orang anggota  Tim Penilai Lomba Penataan Arsip dari Arsip Nasional RI (ANRI) dan Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi NTB menilai langsung sejumlah OPD yang berkantor di Godo-Woha dan RSUD Bima.

Tim penilai saat memeriksa arsip disalah satu OPD. Foto: Ist

Saat turun pada hari pertama Rabu kemarin (26/9), tim yang dipimpin Kabid Pembinaan dan Pengelolaan Arsip Dinamis H Suhaimi mengunjungi 12 OPD, masing-masing 12 Sekretariat Daerah, BPPKAD, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Perkim, BPBD, Dinas Perhubungan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dikbudpora, Sat POL-PP, Dinas Lingkungan Hidup dan berakhir di RSUD Bima.

“Tim melihat ada kemajuan, dalam arti sudah mulai tumbuh rasa kepedulian terhadap pengelolaan dan penataan arsip. Walaupun belum sampai pada tataran yang dikatakan cukup atau sedang,” ujar Suhaimi melalui siaran pers yang disampaikan Dinas Kominfostik Kabupaten Bima.

Tim mengapresiasi upaya penataan arsip dan penilaian merupakan bagian dari motivasi agar OPD menata arsip dengan lebih baik arsip. Tentu dengan mengacu kepada aturan dan tatatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah.

“Pasca  penilaian, nantinya OPD akan lebih aktif untuk menata arsip sesuai kaidah tata kelola arsip,” jelas Suhaimi.

Kepala Bidang Arsip Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima Julkifli yang mendampingi tim penilai mengatakan,  penilaian dilakukan selama 2 hari. Kunjungan lapangan tim tersebut merupakan tindak lanjut dari kunjungan permainan anak dilakukan panitia pendamping 3 pekan sebelumnya.

“Pada hari kedua Kamis (27/9) Tim akan melanjutkan penilaian pada 18 OPD berkantor di wilayah Kota Bima,” katanya.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *