Bupati Bima Buka Serasehan dan Pameran Gerakan GP3M di Bolo

Kabupaten Bima, Kahaba.- Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri menghadiri dan membuka secara resmi acara Serasehan dan Pameran Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Marjinal (GP3M) tingkat Kabupaten Bima di Paruga Na’e Bolo, Rabu (10/10).

Serasehan dan Pameran Gerakan GP3M di Bolo. Foto: Yadien

Kegiatan tersebut dihadiri Dirut Keaksaraan dan Kesetaraan Fungsional Ditjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud RI yang diwakili oleh  Subi Sudiarto, Ketua TP PKK Kabupaten Bima, Plh Kepala Dikbudpora Kabupaten Bima beserta jajaranya, Camat Bolo, para unsur Ketua Bina Keluarga Masyarakat, dan PAUD  yang berada di wilayah Kecamatan Bolo dan Madapangga,.

Dalam sambutanya Bupati Bima menyampaikan, peran wanita dalam membangun dan memajukan bangsa memiliki peranan yang sangat penting. Salah satu aspek yang bisa diambil adalah mengenai peranan wanita sebagai pendidik utama dalam peradaban manusia.

Peran wanita kata dia, tidak hanya fokus pada pembentukan pribadi pada anak. Namun juga berperan dalam pembentukan umat suatu bangsa dan Negara. Karenanya, jika perempuan diperkokoh, maka suatu bangsa akan kokoh.

“Peran perempuan sebagai pendidikan pertama anak sangat penting dan berpengaruh,” katanya.

Bupati menjelaskan, Gerakan Pemberdayaan Perempuan Marginal (GP3M) yang digelar tersebut memiliki makna yang strategis dan merupakan wujud komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan pendidikan dan ekonomi keluarga, khususnya kaum perempuan.

Karenanya, GP3M yang dilaksanakan tersebut sangat penting mengingat berbagai program yang dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Bima, agar bisa berpengaruh dan mengangkat kemarjinalan perempuan dan masyarakat.

Dirinya berharap, melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan komitmen pemerintah daerah dan pemangku kepentingan, untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan sebagai pendidik pertama dalam keluarga, serta dapat meningkatkan pendidikan dan keterampilan perempuan marjinal.

“Sehingga nanti bisa meningkatkan kualitas hidup keluarga yang berdampak pada peningkatan pendidikan dan kualitas hidup generasi berikutnya,” harapnya.

Kepala Dikbudpora Kabupaten Bima H Mar’uf mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kualitas hidup perempuan sebagai ibu rumah tangga, sebagai pendidik utama dan pertama dalam keluarga, yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup keluarganya.

“Penekananya adalah peran perempuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan keluarga,” ujarnya.

Dia menambahkan, kegiatan ini diikuti 200 orang peserta yang berasal dari Unsur PKBM, Organisasi SOLUD BIma, TP. PKK Kabupaten Bima dan unsur masyarakat yang berada di wilayah Kecamatan Bolo dan Madapangga.

“Alhamdulillah kegiatanya berjalan lancar dan ramai,” katanya

*Kahaba-10

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *