Kabar Bima

Kemdikbud Gelar Pelatihan Humas di STISIP Bima

247
×

Kemdikbud Gelar Pelatihan Humas di STISIP Bima

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.-  Dalam rangka meningkatkan pelayanan pendidikan yang maksimal kepada masyarakat luas, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VIII Bali Nusa Tenggara, menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pelatihan Kehumasan Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan Kopertis Bali Nusa Tenggara. Kegiatan tersbeut dilaksanakan di kampus Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Mbojo-Bima, Sabtu (20/10/2012).

Kemdikbud Gelar Pelatihan Humas di STISIP Bima - Kabar Harian Bima
Acara Sosialisasi dan Pelatihan Kehumasan PTS Lingkungan Kopertis Wilayah XIII. Foto: Tahir

Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah perwakilan dari beberapa perguruan tinggi swasta yang ada di Kota Bima, Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu, dan juga dari daerah Sumbawa. Kegiatan yang dimulai pada jam 08.00 WITA tersebut dihadiri juga oleh Taufik Dahlan, SH yang merupakan Kepala Sub Bidang Kemitraan Media PIH Kemdikbud Jakarta.

Kemdikbud Gelar Pelatihan Humas di STISIP Bima - Kabar Harian Bima

Dalam paparan materinya, Taufik memfokuskan tentang pentingnya fungsi dan peran humas dalam sebuah institusi pendidikan, terutama perguruan tinggi. “Keberadaan humas itu sangat penting. Selain sebagai pusat informasi yang ada di dalam suatu lembaga, juga dapat berperan sebagai media untuk melakukan promosi kegiatan. Selain itu, fungsi humas juga adalah mendukung adaptasi manajemen dengan membawa ide-ide baru dari lingkungan,” urainya.

Taufik juga menambahkan bahwa humas juga harus mampu melayani publik dengan penguasaan komunikasi dan informasi. oleh karena itu, peran humas harus optimal dan maksimal untuk mengembangkan sebuah lembaga. Keberadaan humas juga harus disesuaikan dengan kebutuhan lembaga. Lebih jauh, Taufik memberikan paparan tentang bagaimana menjadi petugas humas yang patut diperhitungkan.

“Ada beberapa hal yang harus dilakukan, diantaranya adalah memiliki pengetahuan tentang kehumasan yang baik, memiliki teknik kehumasan yang memadai, kesungguhan dalam melaksanakan pekerjaan humas, dan harus tulus melayani publik dengan komunikasi dan informasi,” jelasnya. [DH]