Diklat Kepegawaian, Penting Untuk Membentuk Profil PNS

Kabupaten Bima, Kahaba.- Seorang aparatur pemerintah mempunyai peranan penting dalam keberhasilan pengelolaan administrasi  pemerintah. Sebab administrasi pemerintahan mustahil dijalankan oleh aparatur yang tidak memiliki kompetensi teknis dan wawasan yang memadai terkait dengan tugasnya. Demikian ungkap Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten  Bima H. Makruf, SE  Senin (22/10/2012) pada saat membuka secara resmi kegiatan Diklat Manajemen Kepegawaian Kabupaten Bima TA. 2012  di Aula Kadin.

Penyematan tanda peserta Diklat Manajemen Kepegawaian Kabupaten Bima TA. 2012. Foto: Humas Pemkab Bima

Oleh karena itu lanjut Makruf, dengan adanya penyelenggaraan diklat ini merupakan salah satu upaya penting dalam membentuk profil sumber daya manusia aparatur pemerintah berkualitas yang mempunyai kompetensi memadai. “Sosok aparatur yang cakap dalam bidang kepegawaian akan tercermin sikap dan perilaku, berdisiplin tinggi, profesional,” ujarnya.

Sehingga dengan adanya kegiatan diklat ini seyogyanya meningkatkan kemampuan dan kapasitas aparatur pengelola kepegawaian tentang peraturan-peraturan di bidang kepegawaian. Untuk itu dirinya berharap, “usai mengikuti kegiatan diklat ini ke depan peserta  dapat meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap aparatur pengelola kepegawaian dalam melaksanakan pekerjaannya secara profesional yang dilandasi kedisiplinan dan etika PNS. Sehingga memberikan perubahan yang signifikan dalam mewujudkan aparatur pengelola kepegawaian yang handal, profesional dan bermutu.

Ketua Panitia, Dra. Eni Rohayati, mengatakan pelaksanaan Diklat dimulai tanggal 22 sampai dengan  25 Oktober 2012 dengan   40 jam pelajaran. Materi pelajaran mencakup pembinaan moral dan etika PNS, Pelayanan Prima, tata naskah dinas, kearsipan, manajemen PNS, Aplikasi data dan informasi  kepegawaian, aplikasi mutasi dan kepangkatan serta pengawasan dan pengendalian.

Tutor  akan menyampaikan materi berasal  dari pejabat struktural lingkup Pemkab Bima yang memiliki kemampuan bidang tugas yang relevan dengan materi diklat kepada seluruh peserta yang terdiri dari 56 orang Kasubag Umum dan Kepegawaian pada SKPD  dan kantor camat  lingkup Pemkab Bima. Pembukaan Diklat ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh asisten Bina Aparatur Setda Bima H.Mar’uf, SE yang didampingi oleh kepala BKD kabupaten Bima  Tajuddin, SH, M.Si. [BQ*]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *