Pemerintah Himbau Warga Tak Terprovokasi Isu Santet

Kota Bima, Kahaba.- Munculnya bentrokan antar warga dan sikap main hakim sendiri oleh masyarakat yang belakangan ini sering terjadi, salah satu pemicunya adalah isu dukun santet. Untuk itu, Walikota Bima, H. M. Qurais H. Abidin meminta agar masayarakat tidak mudah terprovokasi oleh isu yag di sebar luaskan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut.

Ilustrasi

Qurais kepada Kahaba yang ditemui di kantor Pemkot Bima, Selasa, 23 Oktober 2012 pagi, menegaskan, bahwa isu semacam itu hanyalah isu sesat.

Dirinya juga meminta kepada pemerintah tingkat Camat dan Lurah untuk memantau setiap kejadian yang mengarah pada persoalan dukun santet. “Bila perlu bekerja sama dengan pengurus RT dan RW untuk menjamin keamanan di lingkungan masing-masing,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kapolres Bima Kota, AKBP Kumbul KS, SH, S.IK juga membeberkan bahwa pihaknya telah mengantongi sejumlah nama yag menurut masyarakat di duga sebagai dukun santet.

Kumbul menjelaskan, nama-nama tersebut tersebar  di beberapa kecamatan yang ada di Kota Bima. Untuk itu, menurut Kumbul, diharapkan kepada aparat Camat dan Lurah untuk segera menggelar pertemuan dengan pengurus RT dan RW yang ada di lingkungannya untuk membahas masalah tersebut.

“Bila perlu, pihak Camat dan Lurah dapat mengambil data nama-nama terduga Dukun Santet yang telah dikantongi pihak kepolisian, agar bisa di datangi dengan cara-cara persuasif,” terang Kumbul. [BK/BM]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *