Ekspresi Pemuda Lewirato di Malam Sumpah Pemuda

Kota Bima, Kahaba.- Memaknai malam sumpah pemuda tentu banyak cara dan ekspresinya. Di Lewirato, semangat angkatan muda di malam sumpah pemuda, Sabtu (28/10/2012) malam, patut diacungi jempol. Tak putus-putusnya karya sosial dan kreatifitas mereka dalam berbagai kegiatan dipersembahkan demi kampung kelahirannya ini.

Panitia dan Pengurus Karang Taruna ‘Maju Bersama’ Kelurahan Lewirato. Foto: Bin Kalman

Lepas turnamen futsal yang dilaksanakan sejak tanggal 6-24 Oktober 2012 lalu, antar warga se-kelurahan Lewirato. Di pengujung malam sumpah pemuda, pergelaran dan parade musik pun dihelat kelompok pemuda yang tergabung dalam organisasi Karang Taruna ‘Maju Bersama’ Kelurahan Lewirato.

Parade musik yang dirangkaikan dengan acara pembagian hadiah itu di helat di Lapangan SMA Negeri 2 Kota Bima. Terlintas Kemasannya yang begitu sederhana, namun pengunjung dengan berbagai ekspresinya membuat kemeriahan yang tak disangka sebelumnya. Tampak ratusan warga lewirato sangat antusias mengikuti acara tersebut hingga pukul 12 malam.

Kemampuan bermusik anak muda Lewirato dengan kelompok bandnya begitu luar biasa. Semangat dan lantunan nada demi nada dari alat musik yang dimainkan sangat menyemaraki acara demi acara di malam sumpah pemuda itu.

Parade musik juga dimeriahkan oleh sejumlah anak band dari komunitas yang ada di Bima. Mulai dari Komunitas Orang Indonesia (OI) Bima, Komunitas reggee dan anak-anak slankers, masing-masing menyumbang lagu dengan mengusung tema kepemudaan. Kehadiran Maraso Band yang menghibahkan secara gratis alat musiknya adalah dukungan yang tak terhingga nilainya demi kesuksesan acara di malam itu.

Acara itu pun dihadiri Lurah Lewirato, Ketua LPM dan unsur RT/RW yang ada. Ketua Panitia pelaksana, Munandar, S.Pd menyampaikan, parade musik merupakan rangkaian kegiatan Turnamen Futsal yang direncanakan terlaksana pada akhir kegiatan. Itu dimaksudkan, selain memeriahkan hari sumpah pemuda, juga memberikan hiburan kepada panitia, peserta turnamen serta masyarakat Kelurahan Lewirato. “Ini hiburan rakyat yang memang kami selenggarakan untuk menyambut hari Sumpah Pemuda,” katanya.

Ia melanjutkan, parade musik sumpah pemuda ini merupakan kegiatan penutup dari turnamen Futsal yang dilaksanakan Karang Taruna “Maju Bersama” di Kelurahan Lewirato. Dengan harapan, hubungan silaturahim dan keakraban antar sesama warga bisa terus terjalin. “Selain itu, Parade Musik juga sebagai wadah untuk mengeksplorasi bakat dan kemampuan pemuda dalam bermusik,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Karang Taruna “Maju Bersama” Kelurahan Lewirato, Ruslan Effendi mengaku sangat bersyukur dengan terselenggaranya kegiatan yang dimaksud. Dirinya juga memberikan apresisasi terhadap panitia pelaksana yang telah bekerja keras dan menyatukan pemuda untuk bekerja sama dalam mensukseskan kegiatan tersebut. “Ini bentuk partisipasi pemuda Kelurahan Lewirato untuk memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat,” tandasnya.

Ruslan yang juga PNS di Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Bima itu melanjutkan, kegiatan ini diharapkan bisa terus terlaksana tiap tahun. “Sudah waktunya aktifitas kepemudaan bisa diarahkan ke prilaku yang positif dan membangun,” kata Ruslan. [BM]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *