Bupati: Rakyat Jangan Main Hakim Sendiri

Kota Bima, Kahaba.- Gencarnya isu-isu provokatif yang melanda daerah Nusa Tenggara Barat akhir-akhir ini membuat pemerintah tak mau kecolongan lagi. Dalam kesempatan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang digelar di halaman kantor Pemerintah Kabupaten Bima,  Senin (29/10/2012), Bupati Bima menyisipkan himbauan kepada masyarakat untuk tidak lekas terprovokasi dan main hakim sendiri.

Bupati Bima, Ferry Zulkarnain, ST

Usai membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga pada Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Sumpah Pemuda tingkat Kabupaten Bima ke–84, Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain, ST menyampaikan beberapa hal penting terkait isu yang sedang berkembang baik dalam skala nasional maupun regional.

“Kepada seluruh peserta upacara agar berhati-hati dengan isu yang beredar melalui pesan singkat atau SMS, sehingga masyarakat tidak mudah terprovokasi,” ujarnya

Menurut Ferry, dengan beredarnya isu-isu menyesatkan tersebut, secara garis besar ada oknum tertentu yang berupaya untuk mengadu domba warga Bima. Untuk itu, Bupati  mengajak semua peserta upacara agar sedapat mungkin memilah-milah isu mana isu yang benar atau tidak. “Ketika ada isu penculikan anak dan lain sebagainya, kita harus antisipasi. Kepada semua aparat untuk tidak cepat termakan isu yang menyesatkan dan beredar, bila timbul di masyarakat, segera konfirmasi kepada pihak  yang berkompeten,” himbaunya.

Lanjut Ferry, jika ada persoalan yang muncul di tengah masyarakat, aparat pemerintah dan juga masyarakat agar menyerahkan penanganannya kepada pihak berwajib.

“Bila ada masalah, PNS maupun warga tidak boleh bersikap main hakim sendiri, serahkan penangananya kepada aparat, ada TNI dan Polri yang menyesaikan. Main hakim sendiri tidak menyelesaikan masalah,” tegasnya.

Pada upacara yang diikuti Pejabat eselon dan staf SKPD lingkup Pemkab Bima, FKPD, Pengurus KNPI, Pramuka, Ormas kepemudaan dan siswa SMP/SMA tersebut, Ferry secara khusus mengharapkan kepada seluruh aparat lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Bima agar segera menyelesaikan program kerja program kerja tahun 2012, mengingat tahun anggaran 2012 akan segera berakhir.

Kepada aparat pemerintah Bupati mengharapkan agar segera merampungkan program kegiatan. “Kita berada diakhir tahun anggaran, laksanakan percepatan pekerjaan. Baik segi administrasi yang akan dipertanggungjawabkan, maupun pengerjaan fisik yang belum diselesaikan,” tandasnya.

Kemudian dalam rangka menyongsong kegiatan tahun 2013, Ferry  menginstruksikan kepada seluruh jajaran SKPD untuk menyusun RKA SKPD. “Untuk kemudahan penyusunan RKA, SKPD bisa berkonsultasi dengan Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Bima,” jelas Ferry. [BQ*]

 

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *