Diskop UMKM Gelar Diklat Wirausaha

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Koperasi dan Usaha Masyarakat Kecil dan Menengah (Diskop UMKM) mengadakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Simpan Pinjam Bagi Pengurus, Pengelola Koperasi, dan Badan Pengawas serta para Wirausaha yang menjadi Diskop UMKM, Senin (29/10/2012)  di Gedung PKK Pemerintah Kabupaten Bima.

Peserta Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) di kantor PKK Kabupaten Bima, Senin, 29 Oktober 2012. Foto: Bagian Humas Pemkab Bima

Ketua Panitia, Syarif Marhal, SH dalam laporannya memaparkan, kegiatan akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 29 sampai dengan 31 Oktober 2012.  “Diklat Simpan Pinjam bagi para pengelola koperasi dan wirausaha baru ini ditujukan untuk menciptakan SDM pengelola koperasi yang handal dan mampu,” uajrnya.

Selama tiga hari tersebut, lanjut Syarif, peserta akan dibekali dengan materi  yang mencakup UU nomor 20 tahun 2008 tentang UMKM, kewirausahaan,  sosialisasi logo gerakan koperasi dan praktek pengolahan produk unggulan daerah. Untuk keberlanjutan program, urai Syarif,  pada tahun 2013, pola pelatihan akan diubah sesuai petunjuk Kementerian Koperasi dan UMKM RI, yaitu pola produk unggulan daerah yang pada intinya lebih difokuskan pada pengelolaan komoditi andalan daerah masing-masing seperti ubi kayu dll.

Terkait rencana ini, Syarif  mengatakan, perubahan pola ini mengacu pada rekomendasi Lembaga Pengembangan Teknologi Tepat Guna Masyarakat Indonesia nomor 026/LP.Malindo/I/2012. “Pemerintah daerah pun telah mendukung melalui APBD II dengan estimasi  anggaran sebesar Rp 229 juta bagi pembelian peralatan usaha seperti mixer khusus untuk pengolahan pangan andalan tersebut,” kataanya.

Bupati Bima melalui Asisten Administrasi Umum Setda H. Makruf SE, dalam arahannya memaparkan, salah satu program strategis kabupaten Bima saat ini dan kedepannya adalah optimalisasi pembangunan bidang ekonomi melalui pemberdayaan lembaga ekonomi keuangan mikro.

Pada Diklat yang menghadirkan 25 peserta utusan  UKM dari beberapa kecamatan se-Kabupaten Bima tersebut, H. Makruf mengatakan, usaha simpan pinjam merupakan primadona kegiatan usaha koperasi maupun kelompok-kelompok wirausaha baru yang ada di kabupaten Bima.
“Kaitannya dengan hal tersebut maka untuk mengoptimalisasikan hasil dalam pengelolaannya pemerintah daerah Kabupaten Bima telah menetapkan program dan kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi para pengurus/pengelola koperasi serta wira usaha baru,” jelasnya.

Menanggapi harapan Dinas Koperasi dan UMKM ini,  Asisten III ini mengungkapkan, kita sedang menyusun APBD tahun 2013 dan pengajuan tersebut akan  segera disampaikan. “Intinya Pemkab Bima akan mendukung karena merupakan komitmen pemerintah untuk mendorong  pengembangan ekonomi lokal,” tutup Makruf. [BQ*]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *