AIPD Australia Susun Program Tahun 2013

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pertemuan Annual Work Plan (AWP) atau yang kerap disebut Pembahasan Progran Tahunan Australia Indonesia Partnership Development (AIPD) tahun 2013 dibahas, Kamis (1/11/2012), di Ruang Rapat Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bima.

Rapat AIPD Australia dalam penyusunan program Tahun 2013, Kamis, 1 November 2012. Foto: Bagian Humas Pemkab Bima

Kepala Bappeda melalui Kabid Perencanaan Sosial dan Budaya, Amar Makruf, SH dalam arahannya mengatakan, program AIPD merupakan suplemen yang sangat diperlukan bagi percepatan realisasi program pemerintah daerah yang relevan. Dirinya pun mengungkapkan bahwa substansi dukungan kegiatan AIPD tahun 2012 tidak lepas dari hasil identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan tahun 2012.

“Perlu langkah proaktif bagi percepatan realisasi beberapa program yang belum direalisasikan. Seperti dalam pembahasan sebelumnya dalam upaya menciptakan pemerintahan yang tanggap (responsif), pada tahun 2012, dalam bidang “supply side” diarahkan pada 5 kegiatan yaitu analisis pendapatan dan belanja publik, bantuan teknis perencanaan dan penganggaran daerah,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan lain yang mencakup dukungan teknis pelaksanaan anggaran daerah, pengembangan monitoring dan evaluasi pembangunan daerah serta perluasan jaringan dan pembelajaran pengelolaan keuangan daerah. Untuk optimalisasi pencapaian sasaran kegiatan, SKPD teknis dan AIPD harus menyamakan persepsi agar ada sinkronisasi atau keterpaduan dan pembagian peran dalam program yang akan direalisasikan pada tahun 2013 mendatang, terutama dalam yang tercakup dalam APBD Kabupaten Bima TA 2013. “Intinya jangan sampai ada duplikasi program,” terang Makruf.

Rapat yang menghadirkan SKPD mitra kerja AIPD seperti Bappeda, Dishubkominfo, Setwan, Dispen, Inspektorat, RSUD, Bagian OPA dan Humas Protokol Setda tersebut juga mendapatkan pemaparan District Manager AIDP, Umar yang menjelaskan prinsip penyusunan rencana kerja tahunan Program AIPD di Kabupaten Bima tahun 2013 mendatang.

Umar menjelaskan, penyusunan rencana kerja AIPD tahun 2013 harus mendukung pencapaian agenda dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMND) Kabupaten Bima 2010-2014 yang selaras dengan desain program di lokasi kegiatan AIPD.

Ia pun melanjutkan, aspek lain yang perlu dikedepankan dalam penyusunan program tahunan ini, mengkombinasikan pendekatan “bottom up dan top down” dan perlu mensinergikan secara konsisten antara program pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

“Tahapan penyusunan rencana kerja AIPD 2013 bagi pemerintah daerah meliputi review realisasi rencana kerja tahun 2012, penyusunan konsep awal rencana kerja tahun 2013 di tingkat Kabupaten, penyusunan usulan rencana kerja program AIPD tahun 2013 tingkat provinsi, penyusunan Kerangka acuan (TOR) dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) kegiatan dan tahapan akhir yaitu pengesahan rencana kerja program AIPD 2013″,” urai Umar. [BQ*]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *