ACCESS Fasilitasi Pertemuan Apresiatif Bima dan Dompu

Kabupaten Bima, Kahaba.- Para aktor Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) dan Masyarakat Sipil (MS) kembali bertemu untuk pengadakan Review Pertemuan Apresiatif Kabupaten Bima dan Dompu di Hotel Marina, Senin (5/11/2012) lalu.

Pertemuan Apresiatif Kabupaten Bima dan Dompu. Foto: Humas Pemkab Bima

Pertemuan yang  berlangsung selama tiga hari sampai dengan Rabu (7/11/2012) ini mengambil tema Warga Berdaya Pemerintahan Lokal Responsif, Gerbang Menuju Tata Kepemerintahan Lokal Yang Demokratis. Kegiatan ini dilaksanakan  oleh LP2DER atas dukungan Australian Community Development and Civil Society Strenghening Scheme (ACCESS) Phase II.

Perwakilan ACCESS Pulau Sumbawa Sri Lestari Utami menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan pertemuan apresiasi  yang kedua kalinya sejak tahun 2009 lalu. “Mewakili Koordinator ACCESS Propinsi NTB, saya menyampaikan apresiasi atas kesediaan OMS dan mitra ACCESS menghadiri Pertemuan Apresiatif Kabupaten (PAK) Kabupaten Bima dan Dompu ini.

Terkait dengan tahapan apresiatif yang telah dilaksanakan, pada  Bulan Maret tahun 2011 lalu telah dilakukan evaluasi, dan tahun 2012 akan menjadi titik menentukan arah mana ke depan masyarakat sipil dibawa. “Ini tantangan teman-teman di masing-masing  kabupaten,” terang Sri.

Agenda yang akan dilakukan tiga hari ini akan coba direview,  apa yang telah dihasilkan pada tahun 2009 lalu di mana  Kabupaten Bima dan Dompu masing-masing  mempunyai  5 agenda. Peran ACCESS, lanjut Sri, hanya mendukung pencapaian visi dan misi yang telah dirumuskan langkah demi pencapaian yang lebih baik lagi ke depannya.

Direktur LP2DER, Bambang Yusuf dalam pemaparannya mengungkapkan, sudah 2 tahun apresiatif kabupaten ini dilaksanakan, dan hasil review  sudah disinkronkan dengan RPJMD. Bambang menjelaskan pada review pertama tahun 2009, telah dirumuskan  Visi tata kelola pemerintahan di Kabupaten Bima yaitu Tata Kepemerintahan Yang Demokratis  Menuju Bima Ma Katada, Katedi, Kataroa.

Visi ini selanjutnya oleh para aktor masyarakat sipil Kabupaten Bima dijabarkan dalam lima agenda yaitu 1. Mendorong peran media informasi dan komunikasi untuk menjalankan fungsinya agar tercapai suatu kondisi daerah yang transparan dan bertanggung jawab, 2. Tercapainya pendidikan yang  memberdayakan dan pelayanan kesehatan yang memadai dan profesional, 3. Peningkatan kualitas perencanaan dan penganggaran desa, 4. Mendorong terwujudnya lingkungan dan SDA yang lestari dan mampu mendukung ketahanan pangan. 5. Pengembangan forum lintas aktor.

Demikian halnya para aktor masyarakat sipil di Dompu, telah merumuskan visi yaitu, Tata Kepemerintahan Lokal Yang Demokratis Menuju Dompu Yang Manggini, Manggari, Mataroa.

Sekretaris Bappeda Kabupaten Bima,  H. Nasrullah, S.Sos mengatakan, keterlibatan warga dalam proses pembangunan perlu ditingkatkan, baik dalam perencanaan, penganggaran, pelaksanaan maupun evaluasi serta mengambil pelajaran dari proses tersebut.

Terkait dengan hal ini, H. Nasrullah memaparkan, pertemuan ini menjadi ruang yang sangat baik bagi para aktor untuk merefleksikan peran masyarakat sipil dalam mendukung pencapaian visi dan agenda kabupaten. [BQ*]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *