Kabar Bima

Demi APEKSI, Pacuan Kuda Digelar

346
×

Demi APEKSI, Pacuan Kuda Digelar

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Menyambut acara Rapat Kordinasi (Rakor) APEKSI wilayah IV di Kota Bima (14-16/11/2012), Rabu (7/11/2012), Walikota Bima, H. Qurais H. Abidin, membuka secara resmi lomba pacuan kuda di Arena Pacuan Kuda Panda, Kabupaten Bima.

Demi APEKSI, Pacuan Kuda Digelar - Kabar Harian Bima
Ilustrasi. Gambar: savebima.blogspot.com

Hadir pula dalam acara pembukaan itu, Wakil Walikota Bima, H. A. Rahman H. Abidin dan sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Dalam sambutannya, Qurais mengatakan, kegiatan pacuan kuda ini dalam rangka menyambut APEKSI, Hari Ulang Tahun NTB dan program Visit Lombok-Sumbawa.

Demi APEKSI, Pacuan Kuda Digelar - Kabar Harian Bima

Walikota menjelaskan bahwa dalam rangka melestarikan budaya Bima, acara pertandingan pacuan kuda adalah salah satu langkah yang tepat. Dan pertandingan kali ini demi memperebutkan piala bergilir Walikota Bima. “Kegiatan ini sebagai bentuk penyajian budaya kita bagi masyarakat luar Bima. Dan melalui kegiatan ini pula, diharapkan dapat memacu rakyat Bima lebih melestarikan budayanya,” ungkap Qurais.

Ada sebayak 594 kuda dari berbagai daerah yang dibagi dalam12 kelas ikut meramaikan acara perlombaan pacuan kuda ini. Hadiah yang diperebutkan sebanyak dua ekor sapi untuk juara umum, dan masing-masing satu sapi untuk juara dua sampai enam. Walikota juga berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bima yang telah mendukung kegiatan pacuan kuda ini dengan memberikan ijin penggunaan arena. [BS]