Kabar Bima

Kabupaten Bima Juara Lomba B2SA Tingkat Provinsi

405
×

Kabupaten Bima Juara Lomba B2SA Tingkat Provinsi

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.-  Tim Penggerak PKK Kabupaten Bima berhasil  meraih juara I dalam  Lomba Cipta Menu Beragam Gizi Seimbang dan Aman (B2SA) Berbasis Potensi Sumber Daya Lokal tingkat Propinsi NTB tahun 2012.

Kabupaten Bima Juara Lomba B2SA Tingkat Provinsi - Kabar Harian Bima
Stand Tim Penggerak PKK Kabupaten Bima  dalam  Lomba Cipta Menu Beragam Gizi Seimbang dan Aman (B2SA). Foto: Humas Pemkab Bima

Berdasarkan keterangan pers Humas Pemkab Bima, Lomba yang diikuti TP PKK se-NTB ini berlangsung Rabu (7/11) pada puncak Hari Pangan Se-Dunia Tingkat Provinsi NTB di Lapangan Beringin kabupaten Dompu. Pada lomba B2SA tahun ini, Juara II diraih TP PKK  kota Bima. “Selain meraih posisi juara I, TP. PKK Kabupaten Bima penghargaan khusus sebagai Juara Favorit berdasarkan penilaian Wakil Gubernur NTB,” ujar Sekretaris TP. PKK Kabupaten Bima Hj. Chairunnisah Kamis pagi (8/11) di Pendopo Bupati Bima.

Kabupaten Bima Juara Lomba B2SA Tingkat Provinsi - Kabar Harian Bima

Lomba B2SA lomba ini dimaksudkan  agar dapat membangun budaya masyarakat untuk mengkonsumsi aneka menu B2SA untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari dengan memanfaatkan potensi pangan yang ada di sekitar rumah atau pekarangan.

Pada acara puncak peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) yang juga dihadiri Gubernur NTB DR. H. Zainul Majdi, MA tersebut, TP. PKK kabupaten Bima menampilkan beragam menu makanan non beras berbahan lokal yang dibudidayakan di halaman rumah seperti  jagung, singkong,  jus mangga, alpukat, Sirup manisan mangga, jambu biji, belimbing sayur, nasi labu kuning dan beragam menu lokal lainnya.

Menurut Wanita yang akrab disapa Umi Runi ini,  Penilaian mencakup kriteria  keseimbangan menu keluarga sesuai porsi yang ditentukan, kreatifitas pengembangan resep lokal, penampilan dan cara penyajian, cita rasa serta aspek pengolahan pangan lokal.

Keberhasilan ini mengantar TP PKK Kabupaten Bima untuk wakili Propinsi NTB pada Lomba B2SA di Padang Provinsi Sumatera Barat yang diperkirakan akan digelar Bulan Nopember  tahun 2013 mendatang. [BQ*]