Hari Pahlawan, Inspirasi Mengisi Kemerdekaan

Kabupaten Bima, Kahaba.- Peringatan hari Pahlawan ke 67 tingkat Kabupaten Bima yang dilaksanakan Sabtu (10/11/2012) kemarin, di halaman Kantor Bupati Bima Jalan Diponegoro nomor 11 Jatiwangi Bima berlangsung khidmat. Kegiatan tersebut juga dihadiri Bupati Bima H. Ferry Zulkarnain, ST, para pejabat eselon II, III, IV dan staf serta perwira TNI/Polri. Bertindak selaku inspektur upacara Wakil Bupati Bima, Drs. H. Syafruddin H. M. Nur, M.Pd.

Upacara Hari Pahlawan di halaman kantor Bupati Bima, Sabtu, 10 November 2012. Foto: Humas Pemkab Bima

Wabup yang membacakan amanat tertulis Menteri Sosial RI, DR. Salim Segaf Al Jufri mengatakan, Peringatan hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 Nopember tiap tahunnya merupakan salah satu bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa. Hal ini lanjut H. Syafrudin, sejalan dengan ungkapan salah seorang The Founding Father,  bahwa hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawanya, dapat menjadi bangsa yang besar.

Wabup yang mengutip Menteri Sosial selanjutnya memaparkan, semangat kepahlawanan yang ditunjukkan dalam pertempuran 10 November tersebut, hendaknya dihayati dan menjadi inspirasi dalam mengisi kemerdekaan. Itulah sebabnya maka tema nasional peringatan yang diangkat tahun ini adalah Semangat Kepahlawanan untuk Indonesia Sejahtera.  “Tema ini menjadi momentum bangsa Indonesia dalam mewujudkan masyarakat sejahtera sebagaimana yang di cita–citakan para pendahulu negara,” terangnya.

Semangat yang ditunjukkan para pendahulu yang telah berjuang hendaknya menjadi motivasi dalam menghadapi tantangan pembangunan yang kian kompleks. “Berbagai permasalahan yang kita hadapi mulai dari kemiskinan, pengangguran, keterlantaran, korban bencana hingga tawuran antar warga/pelajar yang menimbulkan korban jiwa yang terjadi akhir–akhir ini sangat memprihatinkan. Diperlukan semangat ke pahlawanan yang kuat untuk mencari solusi guna mengatasi berbagai masalah sosial agar kita dapat tampil dan berprestasi di berbagai bidang,” imbuhnya.

Di akhir amanat tertulis tersebut, Wabup  berharap, semangat kepahlawanan seperti cinta tanah air, rela berkorban, pantang menyerah, percaya pada kemampuan diri sendiri, suka menolong menjadi sumber motiviasi dan modal sosial untuk mengatasi berbagai masalah sosial di tanah air saat ini. [BQ*]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *