Kurir Narkoba Ditangkap di Rutan Bima

Kota Bima, Kahaba.- Warga Desa Ngali berinisial Mbd (14) tertangkap basah sedang membawa ganja kering di Rumah Tahanan (rutan) Bima. Bersama Mbd, turut diamankan satu paket ganja kering seberat delapan ons serta satu unit motor jenis Honda Vario bernopol EA 3222 XL.

Rumah Tahanan (Rutan) Bima. Foto:gardaasakota.blogspot.com

Petugas Rutan Bima, Irfan, yang menangkap pelaku mengaku awalnya curiga dengan gelagat Mbd yang terlihat cukup lama mondar-mandir di sekitar tembok luar Rutan. Merasa ada yang tidak beres, Irfan lalu mendekati pelaku dan menanyakan aktifitasnya. Saat itu pelaku terlihat ketakutan dan setelah beberapa kali ditanya jawaban aneh dan tak masuk akal keluar dari bibirnya.

Lantaran hal tersebut, Irfan mengaku langsung menarik pelaku dan menggeledahnya namun tidak ditemukan barang yang mencurigakan. Ternyata, tidak jauh dari tempat pelaku berdiri dilihat bungkusan yang mencurigakan yang setelah diperiksa berisi paket narkoba jenis ganja. “Saya panik dan langsung mengamankan pelaku ke dalam rutan,” ujar Irfan kepada Kahaba.

Warga sekitar lokasi begitu ramai menyaksikan kejadian itu, Irfan mengaku, langsung mengamankan pelaku ke dalam rutan sembari menghubungi petugas kepolisian.

Spekulasi yang berkembang diduga pelaku merupakan kurir dan hendak mengirimkan barang haram itu melalui tembok rutan dengan cara dilempar. Siapa oknum narapidana di dalam rutan yang akan menerima dan mengedarkan barang tersebut belum diketahui lantaran pelaku masih menjalani pemeriksaan intensif.

Bahkan petugas yang coba dikorek keterangannya soal penangkapan itu masih belum bisa memastikan apakah pelaku ini ada kaitan dengan barang yang ditemukan tidak jauh dari lokasi ditangkapnya pelaku. “Barang itu tidak ditemukan bersama pelaku,” ujar petugas yang enggan disebutkan identitasnya.

Pantauan Kahaba di lokasi kejadian, adanya penangkapan tersebut lalu memacetkan jalan yang berada di sebelah barat rutan. Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, pelaku terpaksa dievakuasi ke dalam rutan sambil menunggu petugas kepolisian melakukan olah Tempat Kejadian Perkara.

Setelah petugas Polres Bima Kota menggelar olah TKP dan mengamankan Barang Bukti (BB), pelaku dibawa ke Sat. Narkoba Polres Bima-Kota dengan menggunakan mobil untuk menjalani pemeriksaan. Terungkap dari keterangan petugas, Mbd juga sempat mencoba melarikan diri pada saat dibawa petugas, namun usaha pelarian ini berhasil digagalkan.

Modus pengiriman paket narkoba ke dalam rutan bukan lagi informasi yang baru. Sebelumnya pernah terungkap seorang kurir narkoba yang juga petugas rutan Bima. Penerima paket sabu-sabu atas suruhan salah satu napi yang ada di dalam rutan tersebut yang kasusnya telah diproses hukum. [BA]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *