Kafilah STQ Kabupaten Bima Dilepas Wabup

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pada penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Quran Tingkat Provinsi NTB ke-22 tahun 2012 yang berlangsung tanggal 2 sampai dengan 10 Desember di Gerung Kabupaten Lombok Barat Kabupaten Bima mengikut sertakan 16 Qari/qariah terbaik yang akan berlaga.

Ilustrasi

Kepala Bagian Sosial selaku penanggung jawab Kafilah D. Abidin H. Idris S.Pdi dalam laporannya mengatakan Kafilah Kabupaten Bima dipimpin oleh Sekretaris Daerah Drs. H. Masykur HMS.

Seperti yang dilaporkan dalam keterangan pers Bagian Humas Pemda Bima, Keseluruhan kafilah berjumlah 33 orang yang terdiri dari 2 orang offisial, 6 orang pembimbing/pelatih,  2 orang pendamping dan 6 peserta pameran budaya Islam, 16 qari/qariah. Mereka akan bertanding pada empat cabang yaitu Golongan Anak-anak, Dewasa, Tahfiz (1 juz tilawah, 5 juz tilawah, 10 juz, 20  juz dan  30 juz) dan  Tafsir Bahasa Arab. Pada golongan anak-anak putri juga akan berlomba Nur Hasanah (Kecamatan Madapangga) Juara III Nasional pada MTQ tingkat nasional 2012 di Provinsi Maluku.

Lebih lanjut Kabag Kesra memaparkan, Sebelum bertolak  ke Lombok Barat, para Qari/qariah telah melakukan pemusatan latihan (training center) selama 6 hari  di Hotel La Ila yang  dibimbing oleh pelatih. “Insyaallah, peserta akan  bisa tampil sebaik baiknya atas restu kita semua,” terang H. Abidin.

Terkait pembinaan Qari, H. Abidin melaporkan, tahun lalu pada MTQ tingkat provinsi NTB di Sumbawa Besar,  Qari golongan anak-anak Syamsuri Firdaus (kecamatan Bolo), mewakili provinsi NTB dan meraih  juara I tingkat Nasional. Terakhir, Syamsuri berhasil meraih juara I pada MTQ tingkat  internasional di Singapura tanggal 18 sampai dengan 22 Nopember lalu. H. Abidin berharap, anak-anak yang akan tampil pada STQ di Gerung  dapat mengikuti  jejak Syamsuri pada level regional dan nasional.

Rencananya STQ ke 22 ini akan dibuka secara resmi oleh gubernur NTB. Pada malam pembukaan Syamsuri Firdaus akan diberi kehormatan membaca kalam ilahi pada malam pembukaan tanggal 3 Desember.

Sesuai rencana, STQ Tingkat provinsi tahun ini,  akan diawali acara  Malam takruf dengan Bupati Lombok Barat  di pendopo Bupati pada Minggu Malam (2/12) untuk selanjutnya dilakukan Pawai Taruf Seluruh kafilah, Senin (3/12).

Wabup dalam kata pelepasannya mengungkapkan, dari tahun ke tahun, pemerintah daerah melaksanakan MTQ secara berjenjang. “Tentu ini dengan  satu harapan, para qari mampu meraih prestasi terbaik seperti Syamsuri Firdaus,” harapnya. [BQ]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *