PT. PUI Belum Wajib ‘Setor’ PAD Kota Bima

Kota Bima, Kahaba.- Setahun mengantongi ijin produksi pertambangan, belum diwajibkan perusahaan pertambangan berkontribusi atas pundi-pundi pendapatan daerah. Apalagi dari hasil pantauan terhadap aktifitas operasional, PT. Pasific Union Indonesia (PUI) yang berinvestasi tambang marmer di Lingkungan Oi Fo’o belum menjual hasil produksinya.

Produksi marmer di Tulung Agung, saat studi banding Pemkot Bima 2011 lalu. Foto: Bin Kalman

Ilustrasi

Demikian pernyataan Kabid Pertambangan dan Enegeri Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bima Ilham, SE saat ditemui di kantornya Rabu (12/12/2012) pagi, menanggapi sorotan atas nihilnya kontribusi perusahaan tambang marmer terhadap PAD kota Bima.

Tidak adanya sumbangsih perusahaan bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada tahun 2012, menurut Ilham adalah wajar, karena dari pantauan yang dilakukan, pihak perusahaan belum mendapatkan hasil dari penjualan batuan marmer. Perusahaan tersebut baru setahun  mengantongi ijin produksi sehingga operasi perusahaan difokuskan untuk pembangunan sarana dan prasarana pendukung.

Lebih lanjut kata Ilham, tidak ada syarat perijinan yang tidak dipenuhi oleh PT. PUI sebelum menjalankan kegiatan pertambangannya. “Semuanya syarat telah dipenuhi, termasuk Rencana Kegiatan Anggaran dan Biaya (RKAB), serta syarat administrasi lainnya,” ujarnya

Sesuai kontrak karya yang tertuang didalam RKAB, jelas bila hasil pertambangan marmer telah ada hasilnya maka akan memberikan sumbangsih bagi daerah sebesar 2,5 persen dari pendapatan perusahaan, belum termasuk  selain retribusi galian dari aktivitas pertambangan.

“Mereka saat ini masih melakukan penambangan batuan marmer yang sesuai dengan permintaan pasar,” ungkapnya[BS]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.
  1. maha bintang

    Kabid Pertambangan dan Enegeri Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bima Ilham, SE . belajar donx jgn bodohhhh ahhhhh, anda itu tau atau bodoh sehhhh kok jawab kata anak yg tidak sekolah aja. ya mgkn itu jawaban anak TK atau PAUD he….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *