38 Penjahit Wanita Akan Dibantu Mendirikan Usaha

Kota Bima, Kahaba.- Sebanyak 38 orang wanita dari tiga Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) di Kota Bima mengikuti kegiatan uji kompetensi menjahit serta pendidikan kecakapan hidup di SMKN 3 Kota Bima pada hari Selasa (18/12/2012). Selain mendapatkan sertifikat kompetensi, mereka juga akan dibantu dalam membuat kelompok usaha.

Uji Menjahit

Uji kompetensi menjahit serta pendidikan kecakapan hidup di SMKN 3 Kota Bima. Foto: Bin

Kegiatan sehari yang di helat oleh Tempat Uji Kompetensi (TUK) PKBM Antika Kabupaten Dompu itu merupakan kegiatan lanjutan setelah selama tiga bulan mengikuti pendidikan menjahit. Dengan kegiatan uji kompetensi tersebut, selain peserta mendapatkan sertifikat dari Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) Jakarta, peserta juga akan dibuatkan kelompok usaha mandiri dari masing-masing lembaga yang menaunginya.

“Tentu setelah kegiatan ini, akan terbuka lapangan kerja baru bagi peserta,” ujar Ketua TUK PKBM Antika Kabupaten Dompu, Hj. Lita Hariastuti.

38 orang wanita yang menjadi peserta pelatihan dan uji kompetensi itu masing-masing berasal dari tiga LKP, yaitu LKP Mentari Kelurahan Manggemaci yang di koordinir oleh Suhartini, PKBM Sonco Lola dari Kelurahan Lampe yang dikelola oleh M. Nor S. Pd dan LKP Flamboyan Kelurahan Kumbe yang di koordinir oleh Suhada S.Pd.

Di tempat yang sama, LKP Mentari Kelurahan Manggemaci, Suhartini mengatakan, 15 orang anggotanya yang mengikuti proses pembelajaran selama tiga bulan, sudah mengikuti kegiatan tersebut dengan baik, bahkan dasar-dasar menjahit pun sudah dilalui dengan baik. “Kita merasa optimis pada uji kompetensi ini, anggota kami bisa melaluinya dengan baik,” katanya.

Dia menambahkan, untuk menindaklanjuti kegiatan tersebut, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kantor Kementrian Agama Kota Bima untuk menerima orderan pembuatan baju seragam haji tahun 2013 mendatang. “Semoga rencana ini menjadi awal yang baik untuk kelanjutan usaha kami,” harapnya.

Kegiatan yang dilaksanakan sehari itu juga dihadiri oleh Ketua LSK Matraman Jakarta Indra Siswandiri, SS. Kasi Program Uji Kompetensi Tata Busana Jakarta, Tuminah S.Pd dan KAbid PNFI Dinas Dikpora Kota Bima, Hj. Sita Erni, S.Pd. [BS]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *